Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Tren Profesi di Era Digital untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Di era yang serba digital ini, mulai banyak bermunculan profesi baru. Contohnya, ada yang bekerja tanpa memiliki jam kerja yang jelas, namun dapat menghasilkan uang berlimpah. Ada yang bekerja sendiri, tapi ada juga yang memiliki tim khusus untuk mengembangkan bisnisnya.  Semua itu karena adanya era digital.

Di era yang serba digital ini, hampir semua lini kehidupan bergantung padanya. Misalnya, untuk berbelanja orang tinggal membuka smartphone dan barang belanjaan pun datang ke rumah. Bahkan di era digital banyak orang yang tidak lagi bekerja di kantor, namun fleksibel dimana saja. Nah, tampaknya di era digital ini banyak profesi baru bermunculan yang sedang diincar oleh para generasi milenial. Apa sajakah profesi tersebut? Berikut ulasannya. 

Content Creator

Billionaire Coach

Billionaire Coach

Di era yang serba digital ini, sebagian besar perusahaan atau perorangan membutuhkan content creator untuk mengisi website maupun sosial media yang mereka miliki. Nah, content creator ini bertugas mengisi konten pada website maupun sosial media dengan isi yang kreatif sehingga dapat menarik perhatian. Dengan begitu, pesan yang disampaikan oleh perusahaan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Harapannya, image perusahaan semakin bagus di mata masyarakat. 

Social Media Optimizer

pixabay.com

Sekarang ini hampir semua orang menggunakan smartphone untuk mengakses informasi, mulai dari website, hingga mengakses sosial media. Untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas, sejumlah perusahaan membutuhkan social media optimizer agar perusahaannya dapat dikenal masyarakat lebih luas.

Social media optimizer juga bertugas menyebarkan konten dari website perusahaan untuk dapat diakses oleh banyak orang. Nah, disinilah fungsi sosial media optimizer. Tidak hanya menyebarkan informasi melalui media sosial, tapi juga menganalisanya, hingga pesan yang disampaikan dapat diterima oleh masyarakat luas.

Blogger, Youtubers dan Selebgram

Photo by LinkedIn Sales Navigator on Unsplash

Kini banyak generasi milenial mengambil profesi ini. Mereka memilihnya karena kerja tidak terikat dengan waktu, bekerja sendiri, terkenal dan mendapatkan uang banyak. Mereka cukup mengupload content yang kreatif dan unik pada website mereka, Youtube channel ataupun Instagram yang mereka  miliki. Saat follower mereka naik tinggi, maka iklan pun datang dan pundi-pundi uang masuk ke kantong mereka. Saat ini, profesi ini banyak dijalankan oleh generasi melenial.

Membuka Online Shop

Photo by rawpixel on Unsplash

Kecenderungan orang berbelanja secara online membuat sejumlah orang membuka toko online sendiri. Mereka tidak perlu repot-repot membuka gerai atau toko. Cukup membuat website atau membuat akun sosial media seperti Facebook atau Instagram, lalu memajang barang jualannya dan transaksi pun jalan. Selain itu, mereka juga bergabung dengan toko online yang sudah terkenal, dan memajang barang dagangan mereka pada toko online tersebut. Transaksi bisnis yang mudah ini membuat Online Shop menjamur.

Videografer

Photo by i love simple beyond from Pexels

Kecenderungan netizen mengakses video singkat yang padat informasi membuat sejumlah perusahaan tertarik untuk menyampaikan pesan dengan cara menggunakan video. Nah, kebutuhan ini ditangkap sebagai peluang bisnis menyediakan layanan videografer. Tentu saja persaingan yang ketat akan terjadi di sini, karena setiap videografer harus menawarkan konsep yang semenarik mungkin.

Nah, demikian enam profesi yang sedang banyak digeluti oleh generasi milenial di era digital ini. Tentu saja masih banyak profesi baru yang terus bermunculan dalam menyikapi era yang serba digital ini. Dan era digital mampu mempengaruhi segala lini dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari kebiasaan berbelanja hingga cara mencari nafkah. Bagaimana? Anda berminat mencobanya? (*)

 

 

06 / 11 / 2018
Oleh: Redaksi
tagline