Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Serangan Teroris Pada Bisnis! Ini 4 Cara Lindungi Staf dan Konsumen

Oleh: Wahyu Utama

Indonesia belum sepenuhnya aman dari serangan teroris, hal ini dibuktikan dengan masih terjadinya serangan teror ke 3 gereja yang ada di Surabaya, Jawa Timur pada 13 Mei 2018. Akibat penyerangan tersebut ada beberapa korban yang meninggal dunia dan puluhan korban lainnya mengalami luka-luka.

Kita tidak pernah tahu apakah serangan teror selanjutnya akan menyerang bisnis atau keluarga Anda. Jangan abaikan masalah ini, berikut adalah 4 cara penting melindungi para staff dan konsumen dari serangan teror.

1. Lakukan Penilaian Resiko


toolstrades.com

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mulai menentukan ancaman yang bisa saja terjadi pada bisnis yang Anda miliki, identifikasikan aspek usaha yang paling terancam dari serangan teror, ketahui apakah bisnis Anda berpotensi mendapatkan serangan teroris, atau apakah ada klien atau konsumen yang menjadi target para teroris.

Jika hal di atas sudah dilakukan, selanjutnya identifikasikan aspek bisnis mana yang paling membutuhkan perlindungan. Apakah para klien, staf, bangunan yang dimiliki, atau data yang Anda miliki di dalam perusahaan.

2. Ketahui Ke Mana Anda Harus Meminta Bantuan


worldbulletin.net

Pastikan Anda memiliki nomor hotline dari pihak kepolisian yang bisa menerima laporan saat ada masalah atau informasi apapun yang berkaitan dengan serangan teroris.

3. Memiliki Keamanan yang Ketat


wsj.net

Memperbaiki masalah keamanan merupakan cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah orang lain yang berpotensi menyerang perusahaan mendapatkan akses masuk.

Baca Juga: Terlihat Sepele, Ternyata Ini Sebab Pusing yang Anda Alami di Kantor

4. Buat Skenario untuk  Berlatih Menghadapi Serangan


scmp.com

Anda juga harus mengetahui apa saja yang harus dilakukan saat serangan teror terjadi di tempat Anda. Jangan hanya mengambil langkah pencegahan saja seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Baca Juga: Ini 5 Tanda Bahwa Anda Harus Memecat Karyawan, Jangan Ada Toleransi

14 / 05 / 2018
Oleh: Redaksi
tagline