Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Sumber gambar: Musthafa.Net

Punya Toko Online? Bangun Kepercayaan Konsumen dengan Cara Ini

Di jaman yang serba digital ini semua menjadi sangat mudah. Tak heran apabila bermunculan bermacam-macam toko online yang siap melayani kebutuhan. Hal ini bisa menjadi peluang bagi anda untuk ikut mencobanya. Namun ketika anda sudah memilikinya anda beberapa hal penting yang harus anda perhatikan dalam industri digital.

Di antaranya adalah kepercayaan. Sangat penting bagi penyedia layanan digital ataupun pemilik usaha online untuk menjaga kepercayaan konsumen. Mengapa kepercayaan sangat penting sekali dalam menjalankan usaha online? Karena ketika seorang konsumen merasa produk atau jasa yang ia beli mampu memberikan manfaat baginya, maka ia akan terus kembali lagi pada toko anda dan menjadi pelanggan tetap.

Bonus lainnya yang bisa anda dapatkan adalah, pelanggan anda tersebut akan menyampaikan produk atau jasa kepada kerabat atau teman-temannya. Sehingga anda akan mendapatkan konsumen lebih banyak.

Bagi anda yang masih bingung bagaimana cara membangun kepercayaan konsumen di era digital seperti sekarang ini, berikut caranya:

Berikan Desain yang Unik di Media Sosial

c&co design id

Tak diragukan lagi pasti diantara kita lebih tertarik untuk melihat online shop yang memiliki desain yang menarik dan unik sehingga calon pembeli tertarik untuk mendatangi lapak online anda. apalagi tak dapat dipungkiri, hampir semua orang memiliki media sosial dan sering menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu jaman sekarang sebagian orang lebih menyukai berbelanja melalui online.

Sebagai contoh, ketika anda memilih Instagram sebagai media yang akan anda pakai untuk berjualan, maka usahakan feed Instagram anda memiliki tampilan menarik dan seimbang. Selain itu, perhatikan teknik pengambilan foto produk anda, gunakan kamera profesional atau ponsel dengan background foto yang terang.

Perhatikan Kualitas Produk yang Akan Anda Jual

pexels.com

Sebagai seorang pembeli pastinya menginginkam produk ataupun jasa yang dibeli merupakan yang terbaik dan berkualitas. Oleh karena itu sebelum membuka usaha dalam industri digital pastikan produk anda memang berkualitas. Sehingga mereka akan puas dengan produk atau jasa yang anda hasilkan dan akan menjadi pelanggan setia anda.

Usahakan untuk Memberikan Respon yang Cepat

pexels.com

Ini menjadi hal yang sangat penting ketika anda memiliki usaha online. Anda dituntut untuk memberikan pelayanan yang baik, salah satunya dengan memberikan respon yang cepat dan tepat. Hal ini tidak luput memberikan penjelasan kepada setiap konsumen yang bertanya mengenai produk ataupun jasa yang anda jual.

Usahakan untuk memberi penjelasan secara gambling sehingga mereka tidak akan mengulangi pertanyaan yang sama di kemudian hari. Selain itu anda juga harus siap memberikan tanggapan yang positif pada setiap keluhan yang keluar dari konsumen.

Berikan Packaging Pada Produk yang Menarik

pixabay.com

Walaupun terlihat sepele, packaging merupakan unsur yang penting dalam menjual produk. Maka dari itu perhatikanlah setiap detail packaging, misalnya dengan memberikan buble wrap atau kardus sehingga produk yang ada di dalamnya tidak pecah.

Kemudian anda bisa membungkusnya dengan plastik atau kertas kado bertuliskan nama toko online anda, sehingga konsumen yang menerima kiriman produk dari anda akan merasa senang, dan tidak ragu untuk melakukan Repeat Order.

Jangan Lupa untuk Meminta Saran dan Kritik Kepada Konsumen Anda

Qerja

Agar semakin memperbaiki kualitas toko online anda, jangan lupa ketika barang pesanan konsumen sudah sampai, maka mintalah saran dan kritik dari mereka. Hal ini bisa menjadi evaluasi bagi anda mulai dari segi produk maupun jasa hingga dari segi pelayanannya. Selamat mencoba! (*)

 

12 / 02 / 2019
Oleh: Redaksi
tagline