Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Punya Karyawan Hobi Terlambat Ngantor? Ini 5 Solusi Menghadapinya

Oleh: Wahyu Utama

Keterlambatan 1–2 kali sepertinya masih bisa ditoleransi, namun apa jadinya jika karyawan Anda terbiasa terlambat hampir setiap hari.  Hal ini tentu akan sangat mengganggu produktivitas usaha yang sedang berjalan dan perlu diatasi segera! Agar tidak semakin menjadi, ada baiknya Anda menerapkan 5 hal ini:

1. Proaksi


seattleglobalist.com

Saat Anda melihat karyawan sering datang terlambat, maka cara terbaik yang perlu dilakukan adalah berbicara dengan orang tersebut satu lawan satu. Cari tahu apa masalah yang membuat mereka datang terlambat.

2. Tunjukkan Kekecewaan Secara Verbal


inc.com

Saat Anda menunjukkan rasa kecewa secara verbal dengan karyawan yang terlambat, maka hal ini bisa membuat mereka merasa malu atas kelalaian yang dilakukannya.

3. Tawarkan Solusi yang Cerdas


inc.com

Jika karyawan tersebut merasa sangat kesulitan untuk datang tepat waktu, maka buat sebuah rencana yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Anda bisa mengatur jadwal kerja lain yang sekiranya bisa membuat karyawan tersebut datang tepat waktu.

4. Sampaikan Konsekuensi pada Mereka


inc.com

Segera beritahu kepada karyawan tentang apa saja yang mereka dapatkan, saat sering datang terlambat dan tidak mematuhi jam kerja.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Konsumen Tertarik Dengan Bisnis Anda, Mudah Diterapkan

5. Motivasi dengan Cara Lain


inc.com

Sampaikan kepada mereka tentang apa saja insentif yang bisa didapatkan, saat mereka mampu datang tepat waktu ke tempat kerja.

Baca Juga: 5 Manfaat Seragam Kerja yang Jarang Disadari Pebisnis, Ayo Cari Tahu

27 / 05 / 2018
Oleh: Redaksi
tagline