Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Sumber gambar: Pexels.com

Promosikan Produk Anda Melalui Ajang Pameran

Ketika membuat sesuatu bisnis harus ada starategi pemasaran yang tepat untuk mendapatkan banyak pelanggan. Nah salah satu strategi pemasaran tersebut adalah pameran. Pameran bukan hanya mempertemukan penjual dan pembeli, namun juga menciptakan peluang dalam pengembangan bisnis. Dalam sebuah pameran, anda bisa memperkenalkan produk anda yang masih belum banyak diketahui oleh orang lain.

Selain itu dalam pameran, anda juga berkesempatan bertemu dengan seseorang yang bisa anda jadikan patner bisnis anda. Selain itu dalam pameran juga berfungsi mengenalkan produk anda untuk meningkatkan penjualan dan mencari konsumen sebanyak-banyaknya. Dalam pameran juga anda bisa membawa semua produk yang anda hasilkan dan memperkenalkan pada semua pengunjung yang tiba.

Dengan adanya pameran yang diadakan baik oleh pemerintah maupun suatu perusahaan akan banyak memberikan keuntungan besar bagi pelaku usaha kecil. Sebagian besar dari mereka kesulitan memasarkan produknya. Hal tersebut karena beberapa faktor penghambat seperti dana yang masih belum cukup hingga ketatnya persaingan dalam pasar. Dengan adanya pameran, semua pelaku usaha bisa mempromosikan produk mereka secara langsung.

Dan buat anda yang masih bingung apa saja manfaat yang bisa anda dapatkan serta hal yang harus anda persiapkan ketika mengikuti pameran, maka simak ulasan di bawah ini.

Ajang Promosi Usaha yang Baru Berdiri

Igor Ovsyannykov / Pexels.com

Apabila anda baru saja memiliki usaha, tentunya anda harus gencar mempromosikan produk anda agar dikenal banyak masyarakat. Walaupun memang ada dana yang perlu anda siapkan untuk mengikuti pameran ini, namun hasil yang akan anda dapatkan pun sepadan.

Anda tidak perlu khawatir, memang ketika proses penjualan sata pameran mungkin bisa saja di luar ekspetasi, namun ada beberapa hal yang bisa anda dapatkan. Misalnya anda mendapatkan beberapa patner yang mungkin akan sangat berguna untuk bisnis anda, selain itu anda juga mendapatkan data calon pelanggan yang suatu sata nanti bisa anda hubungi kembali.

Pastikan Anda Memiliki Dana yang Cukup

Burst / Pexels.com

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, memang ketika mengikuti pameran membutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun banyak hal yang anda dapatkan juga saat mengikuti pameran. Sebelum bertekad mengikuti pameran lihat dana yang anda miliki cukup atau tidak, jangan sampai gara-gara anda mengikuti pameran biaya produksi anda berkurang, tentunya hal tersebut akan merugikan anda sendiri.

Karena ketika mengikuti pameran anda juga harus memikirkan dana sarana produksi seperti membayar jasa SPG (Sales Promotion Girls), Akomodasi, konsumsi, dan masih banyak lainnya. oleh karena itu pastikan untuk menghitung segala biaya yang akan anda keluarkan untuk mengikuti pameran. Jangan sampai anda mengalami kerugian yang terlalu besar.

Bangun Koneksi dari Pameran

rawpixel.com

Selanjutnya, keuntungan mengikuti pameran anda juga bisa mendapatkan banyak koneksi untuk bisnis anda kedepannya. Sehingga muncul kemungkinan usaha anda bisa berkembang dengan cepat. Tak hanya koneksi dan calon pelanggan yang potensial, anda juga bisa menjalin relasi dengan beberapa pebisnis yang memiliki usaha serupa dengan anda, siapa tahu di kemudian hari anda akan bermitra dengannya dan menciptakan usaha yang lebih berkembang dan maju.

Pameran Sebagai Bahan Evaluasi

sheltertas.org.au

Ketika anda mengikuti pameran anda bisa melihat berapa jumlah orang yang akan melewati dan berkunjung ke booth anda. Disana anda bisa sekaligus mengevaluasi bisnis anda apabila sedikit pengunjung yang datang di booth anda, mungkin booth yang kurang menarik atau produk anda dikemas kurang menarik. Semua ini juga menunjukkan identitas usaha anda seperti apa, karena sebagian orang merasa tertarik pada produk atau mampir ke booth pameran karena booth atau produknya yang menarik.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk mempromosikan produk anda melalui ajang pameran. Semoga bermanfaat bagi bisnis anda! (*)

 

15 / 01 / 2019
Oleh: Redaksi
tagline