Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Sumber gambar: pexels.com

Perhatikan Hal Ini Apabila Ingin Menaikkan Gaji Karyawan Anda

Ketika anda memiliki sebuah bisnis besar pastinya anda juga memiliki beberapa karyawan yang mendukung perkembangan bisnis anda. Tentunya apabila mereka melakukan pekerjaannya dengan sungguh-sungguh, mereka juga menjadi bagian penting dalam perkembangan usaha anda. Sehingga tak jarang kenaikan gaji akan dilakukan apabila karyawan tersebut berhasil memenuhi target.

Sedangkan ketika bekerja semua karyawan juga mengharapkan kompensasi yang setimpal dengan pekerjaan yang ia lakukan selama ini. Rasanya tidak adil apabila karyawan tersebut sudah mencurahkan seluruh tenaga dan waktu untuk perusahaan hingga perusahaan tersebut sukses namun ia tidak mendapatkan balasan yang setimpal.

Tidak hanya promosi jabatan, karyawan tersebut juga mengharapkan kompensasi yang setimpal. Mereka juga berharap untuk mendapatkan kenaikan gaji. Hal ini bisa menjadi sebuah bentuk penghargaan dan mempertahankan karyawan tersebut di perusahaan anda. Sehingga peningkatan gaji tersebut juga bisa mendorong tingkat kepuasan karyawan serta membuat mereka nyaman bekerja di perusahaan anda.

Namun apabila anda masih mempertimbangkan apakah dengan menaikkan gaji karyawan menjadi langkah yang tepat atau akan menjadi kesalahan. Tak perlu risau, perhatikan beberapa pertimbangan ini, apakah karyawan anda sudah memenuhi kriteria yang pas untuk menerima kenaikan gaji atau belum. Simak ulasannya di bawah ini ya.

Berhasil Melampaui Target

pexels.com

Nah, ini menjadi salah satu hal yang bisa anda pertimbangkan ketika hendak menaikkan gaji karyawan ketika karyawan anda bisa melampaui ekspetasi anda. Misalnya target yang diberikan pada karyawan anda sekian tapi ia bisa mendapatkan lebih dari yang anda targetkan.

Tentunya hal ini sangat menguntungkan perusahaan anda. Apalagi ketika karyawan tersebut berhasil memberikan hal baik kepada divisi lain di perusahaan anda. Sehingga ia memang berhak dan pantas untuk mendapatkan kenaikan gaji.

Karyawan Miliki Loyalitas Tinggi Pada Perusahaan

pexels.com

Kemudian, selain karyawan tersebut berhasil melampaui target yang sudah diberikan, perhatikan juga apakah karyawan tersebut memiliki loyalitas pada perusahaan anda. Mengapa demikian, ketika seorang karyawan memiliki nilai loyalitas yang tinggi pada perusahaan yang sedang ia olah maka ia akan menganggap perusahaan itu sebagai bagian dari dirinya.

Sehingga ia akan memberikan dedikasi tinggi untuk kemajuan perusahaan tersebut. Memang, loyalitas terlihat sedikit sepeleh, namun loyalitas menjadi sikap dasar dari kesetiaan dan kerja keras karyawan pada perusahaan.

Menjalankan Job Desk dengan Maksimal

pexels.com

Lihatlah setiap karakter karyawan anda, perhatikan setiap kerjaan yang sedang mereka jalankan. Apakah mereka memiliki kualitas atau tidak sama sekali. Misalnya apabila karyawan anda mampu mengerjakan pekerjaan dari kawannya yang lain dengan kualitas yang setara, namun ia juga sama-sama berkualitas dengan pekerjaan anda.

Perhitungkan kualitas kerja karyawan anda, bayangkan apabila karyawan anda tersebut resign, mampukah anda menemukan seseorang yang bisa menggantikannya. Oleh karena itu anda harus bisa memastikan karyawan seperti itu harus bisa bertahan di perusahaan anda.

Memiliki Sikap Dinamis

pexels.com

Terakhir, ketika anda memang berencana menaikkan gaji karyawan anda, pastikan ia mampu terus berkembang. Perhatikan selama ini apakah perkejaan yang ia lakukan hanya itu-itu saja atau ia terus berkembang.

Kemudian lihat apa saja pencapaian ia selama ini, coba ingat prestasi apa saja yang pernah ia raih semenjak dari awal ia masuk ke perusahaan ini hingga sekarang. Kemudian bandingkan dengan karyawan lainnya, apakah dia mononjol di tim dan layak untuk mendapatkan gaji.

Itu tadi beberapa hal yang perlu anda perhatikan jika ingin menaikkan gaji karyawan anda. Semoga bermanfaat! (*)

 

14 / 01 / 2019
Oleh: Redaksi
tagline