Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Sumber gambar: Photo by rawpixel.com from Pexels

Pahami Hal berikut sebelum terjun dalam Bisnis Properti

Bisnis properti saat ini memang sedang berkembang di Indonesia. Tentunya tidak mudah untuk menjalankan bisnis properti agar bisa berkembang dan mendapatkan keuntungan lebih. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi khusus untuk membangun usaha ini.

Hal pertama yang paling penting dalam bisnis properti adalah memilih lahan. Karena jika salah memilih lahan, anda bisa rugi. Diperlukan observasi lingkungan sekitar lahan sebelum menetapkan keputusan untuk membangun bisnis, sehingga anda bisa mengetahui apakah lahan tersebut merupakan tempat yang mendukung dan potensial sehingga mampu mendapatkan keuntungan yang besar.

Banyak pertimbangan sebelum anda memutuskan untuk memilih lahan. Dalam membangun sebuah perumahan misalnya, kita tidak mungkin asal pilih dalam memilih lahan untuk perumahan yang akan kita dirikan.

Karena lahan menjadi salah satu hal yang menjadi keputusan seseorang akan membeli rumah di perumahan anda atau tidak. Kalau anda masih bingung, anda bisa memperhatikan cara-cara berikut dalam memilih lahan yang potensial dalam bisnis properti.

Tempat Ramai

Photo by Riccardo Bresciani from Pexels

Banyak keuntungan ketika anda memilih membangun bisnis di sebuah tempat yang dekat dengan keramaian. Semakin banyak orang yang berlalu lalang melewati lahan tersebut, semakin besar pula potensi rumah yang anda buat menjadi lebih laku. Ketika anda memperhatikan kondisi di sekitar lahan yang akan dipilih, maka anda bisa menerawang potensi lahan yang anda inginkan.

Akses yang Mudah

Photo by rawpixel.com from Pexels

Semakin mudah akses menuju lokasi lahan yang anda pilih, semakin menambah ketertarikan masyarakat untuk membeli rumah yang akan anda bangun. Karena ketika akses jauh dan berbelit maka orang semakin tidak tertarik untuk membeli.

Anda bisa memilih lahan di dekat jalan Tol karena memudahkan seseorang yang nantinya akan membeli rumah di perumahan yang anda dirikan. Sehingga akan semakin memudahkan mereka yang akan bepergian ke kantor atau ke pusat kota.

Survei Pendapatan Warga Sekitar

Photo by Christina Morillo from Pexels

Mengapa survei pendapatan warga sekitar jadi hal yang penting? Karena, pasti tidak mungkin anda membangun komplek perumahan mewah padahal di sekitar lahan yang akan anda bangun adalah komplek perkampungan kumuh dan jauh dari pusat perkotaan. Walaupun daerah sekitar lahan termasuk tempat yang ramai, hal tersebut akan mengakibatkan calon pembeli mengurungkan niat untuk membeli rumah di perumahan yang anda bangun.

Bangun Bisnis Dengan Modal yang Pas

Photo by Pixabay from Pexels

Modal menjadi hal yang sangat penting dalam membangun sebuah bisnis properti. Apalagi untuk membangun bisnis properti membutuhkan dana yang tidak sedikit. Tidak mungkin rasanya apabila hanya bergantung pada modal yang dipinjamkan dari Bank. Ketika modal anda sedikit, sedangkan keinginan anda untuk membangun perumahan mewah. Yang dikhawatirkan, ketika di tengah jalan budget pembuatan perumahan anda tidak laku, maka bisa jadi bisnis anda akan disita oleh Bank.

Tidak Banyak Pesaing

Saveasbrand.com

Ketika akan memutuskan untuk memilih sebuah lahan, salah satu hal yang harus anda pastikan adalah pesaing. Ketika kita mendirikan sebuah perumahan pada kawasan yang banyak perumahannya, maka nantinya perumahan yang akan kita bangun menjadi bahan pertimbangan orang lain.

Karena ketika anda memiliki sedikit saingan usaha, maka anda tidak perlu repot-repot mencari cara untuk berkompetisi melawan usaha-usaha sekitar. Karena ketika anda berkompetisi dan memikirkan cara sedemikian rupa untuk menjadi lebih baik dibanding usaha sejenis yang ada di sekitar anda, maka akan menghambat usaha anda.

Itu tadi beberapa ulasan tips dalam memilih lahan untuk bisnis properti. Selamat mencoba! (*)

 

29 / 11 / 2018
Oleh: Redaksi
tagline