Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Sumber gambar: Yusufmansur.com

Musim Hujan Datang, Ide Bisnis Ini Bisa Anda Coba

Di bulan November ini, sebagian wilayah di Indonesia mulai memasuki musim hujan sedang dan ringan. Nah, dalam menyikapi musim hujan, orang optimis akan melihat segala sesuatu sebagai peluang.

Bagi mereka yang optimis, hujan justru dianggap membawa keberkahan. Karena, ada banyak ide bisnis yang cocok untuk Anda jalankan di musim hujan dan bisa memberikan keuntungan maksimal.

Musim hujan justru membuka peluang usaha bagi orang yang jeli melihat peluang bisnis. Nah, berikut ini beberapa contoh peluang usaha terbaik di musim penghujan yang bisa Anda coba.

Bisnis Laundry

Photo by Rawpixel on Unsplash

Bila hujan turun setiap waktu dan matahari jarang menampakkan wujudnya, tentunya akan menyusahkan ibu rumah tangga karena cuciannya menumpuk dan sulit kering.

Maka, pergi ke laundry menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah cucian yang tidak kunjung kering. Belum lagi bila banjir datang yang menyebabkan banyak pakaian harus dicuci secara ekstra. Fenomena ini sebenarnya bisa menjadi peluang untuk mendirikan usaha baru.

Anda bisa membuka jasa Laundry di rumah atau melengkapi kios usaha Anda saat ini. Namun, karena bisnis laundry ini sudah cukup banyak jumlahnya, Anda tentunya harus bersaing dengan layanan laundry lainnya dengan memberikan ketepatan waktu dan hasil cucian yang bersih.  

Membuka Toko Perlengkapan Musim Hujan

gedoor.com

Selain laundry, peluang bisnis lainnya yang menjanjikan di musim hujan adalah dengan membuka toko yang menjual berbagai perlengkapan musim hujan seperti jas hujan, payung, mantel, sepatu bot dan lain-lain.

Peralatan musim hujan itu tidak hanya dibutuhkan oleh pejalan kaki, tetapi juga pemilik kendaraan bermotor yang terjebak di jalan saat hujan turun.

Anda bisa memulai bisnis ini dengan mudah. Tak perlu ribet. Misalnya, jika Anda sedang membuka usaha bengkel, tidak ada salahnya melengkapinya dengan berjualan perlengkapan di musim hujan seperti jas hujan, mantel dan seterusnya. Atau juga berjualan di seberang jalan.

Jasa Cuci Motor dan Mobil

 

pixabay.com

Bila musim hujan datang, kendaraan tentunya akan cepat kotor dan butuh segera dibersihkan untuk mencegah keropos maupun karat. Nah, karena tidak semua orang punya waktu senggang untuk mencuci motor dan mobilnya, maka bisnis tempat mencuci motor dan mobil, bisa menjadi peluang untuk memanen rupiah.

Anda bisa membuka usaha jasa cuci mobil dan motor yang menggunakan lahan parkir di depan rumah, ataupun menyewa. Agar banyak orang mengetahui tempat jasa cuci motor dan mobil Anda, jangan lupa untuk memasang tanda kalau tempat Anda memberikan jasa membersihkan kendaraan.

Bisnis Kuliner

icc.edu

Musim hujan yang dingin tentunya menyebabkan orang ingin menyantap makanan hangat. Karenanya, bisnis kuliner yang menjualan makanan hangat jenis sup, bakso, air jahe atau mie, menjadi alternatif usaha yang berpotensi laris manis.

Anda dapat membuka warung atau kafe kecil yang menawarkan hidangan hangat. Agar menarik perhatian pelanggan, buatlah improvisasi makanan yang sulit dicari di tempat lain. Dan, jangan lupa memberikan potongan harga alias diskon untuk harga perkenalan agar lebih banyak orang yang datang berkunjung.

Bengkel

pixabay.com

Peluang bisnis yang juga menjanjikan di musim hujan adalah membuka bengkel. Banyak sekali mobil atau kendaraan roda dua yang mengalami masalah karena musim hujan ataupun gara-gara terjebak banjir.

Nah, bila Anda memiliki kemampuan bisa mengutak-atik ataupun punya pengalaman di bidang perbengkelan, maka usaha bengkel bisa Anda tekuni untuk mendapatkan rupiah yang lumayan.

Itu tadi beberapa peluang bisnis yang bisa Anda coba di musim hujan untuk mendatangkan pemasukan. Anda tertarik mencoba yang mana? (*)

 

 

 

03 / 12 / 2018
Oleh: Redaksi
tagline