Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Mudah Dilakukan, Ini 5 Kewajiban Agar Layanan Pelanggan Bisa Optimal

Oleh: Wahyu Utama

Perusahaan yang berjalan dengan baik adalah bisnis yang tidak hanya memperhatikan produk yang ditawarkan, tetapi juga mampu memberikan layanan pelanggan dengan baik dan optimal. Berikut ini 5 kewajiban agar layanan pelanggan bisa berjalan dengan optimal.

1. Mengetahui Produk dan Layanan


tenro-in.com

Anda harus memastikan bahwa semua karyawan yang berhadapan dengan pelanggan mengetahui dengan baik produk dan layanan yang ditawarkan.

2. Ucapkan Terima Kasih


blog.gaijinpot.com

Apapun bisnis yang sedang Anda jalankan, ucapan terima kasih kepada para pelanggan adalah salah satu cara termudah untuk memberikan layanan pelanggan yang baik.

3. Tunjukkan Rasa Hormat


kuwakoya.com

Layanan pelanggan melibatkan emosi baik dari Anda dan para karyawan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperlakukan pelanggan dengan sopan dan penuh hormat.

4. Bersikap Responsif


thehopkinsonreport.com

Layanan pelanggan yang buruk adalah saat Anda tidak tanggap terhadap para pelanggan yang ingin mendapatkan bantuan, ingin menyelesaikan masalah, dan ingin mencari tahu tentang produk yang akan dijual. Bersikaplah responsif terhadap para pelanggan dan jangan buat mereka merasa diabaikan.

Baca Juga: Keuntungan dan Kerugian Pinjaman Online, Mana Lebih Menggiurkan?

5. Mintalah Umpan Balik


japan-magazine.jnto.go.jp

Mintalah pelanggan Anda untuk mengisi kuesioner, survei pelanggan, atau formulir umpan balik untuk mengetahui apa tanggapan mereka atas produk dan layanan yang Anda berikan.

Baca Juga: 5 Produk Terlaris Sepanjang Masa, Bisakah Anda Meniru Kesuksesannya?

13 / 06 / 2018
Oleh: Redaksi
tagline