Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Meski Banyak yang Bangkrut, Ini 5 Tips Agar Bisnis Ritel Tetap Laris

Oleh: Evelyn Davsy 

Maraknya bisnis ritel yang tutup disebut merupakan akibat dari lemahnya penjualan. Daya beli masyarakat yang lesu pun dianggap sebagai penyebab utamanya. Sebut saja Lotus, beberapa gerai Matahari, hingga Debenhams, yang menutup sejumlah gerainya. Meskipun begitu, pembelian secara online rupanya tak terpengaruh dengan lesunya daya beli, lho. Lalu, bagaimana cara menggaet pembeli secara online agar toko tetap laris manis?

Fokus pada satu produk. 

singaporebusiness.com

Memiliki banyak produk memang mungkin dapat membantu Anda untuk lebih dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan dari konsumen. Namun tak ada salahnya jika Anda fokus pada satu produk. Misalnya jika Anda menjual produk fashion, maka jualah produk fashion tersebut. Jangan campur produk fashion tersebut dengan produk lain, misalnya produk makanan ataupun produk barang rumah tangga. Tampilkanlah satu jenis produk yang Anda jual di toko online Anda. 

Buat strategi promosi yang tepat.

pexels.com

Jika toko ritel offline Anda kurang dikunjungi orang, mungkin sudah saatnya Anda berpromosi secara online. Misalnya, dengan memberikan promo free delivery dengan pemesanan online. Hal ini tentunya dapat menarik banyak minat dari calon konsumen.  

Baca Juga: 5 Bisnis Yang Bakal Laris Manis Di Tahun 2018, Untung Makin Banyak

Pastikan Anda menjual produk yang berkualitas.

youtube.com

Baik offline maupun online, pastikan Anda menjual produk yang berkualitas. Bagaimana pun, produk yang berkualitas akan mengalahkan produk yang murah dengan kualitas yang kurang. Misalnya, ketika Anda menjual bahan bangunan, seperti semen, jualah semen yang berkualitas, yaitu Semen Gresik. 

Berikan giveaway agar konsumen loyal. 

pixabay.com

Sesekali, tak ada salahnya jika Anda memberikan giveaway untuk customer Anda. Misalnya, dengan minimal belanja yang telah Anda tentukan, konsumen akan mendapat hadiah dari Anda. Hal ini pun dapat meningkatkan loyalitas konsumen pada toko ritel Anda. 

Buatlah limited produk. 

pixabay.com

Sudah banyak toko yang menggunakan strategi ini. Mereka menjual produk yang memang terbatas untuk menarik minat konsumen. Selain produk yang terbatas, Anda pun bisa membuat promo yang terbatas pula agar konsumen makin tertarik membeli produk Anda. 

Daya beli masyarakat yang menurun bukan alasan untuk gulung tikar, kan? Dengan strategi yang tepat, Anda dapat meningkatkan penjualan bisnis ritel Anda melalui promosi secara online. Jualan jadi laris manis, deh!

Baca Juga: 5 Warna Interior Ini Diprediksi Ngetren Tahun 2018, Ada Favorit Anda?

09 / 01 / 2018
Oleh: Redaksi
tagline