Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Mengatur Keuangan Tak Lagi Merepotkan, 4 Aplikasi Ini Siap Bantu Anda

Oleh: Redaksi

Mengatur keuangan meliputi kegiatan perencanaan pengeluaran sesuai pemasukan. Perencanaan pengeluaran harus diatur berdasarkan kebutuhan dan disesuaikan dengan jumlah pemasukan. Jika dalam proses mengatur keuangan Anda membuat kesalahan, maka tak jarang membuat Anda defisit bahkan harus berutang. Di sisi lain, jika Anda terlalu pelit dalam menggunakan uang, kebutuhan hidup Anda tidak dapat terpenuhi dengan optimal.

Kegiatan-kegiatan pencatatan keuangan cukup rumit bagi beberapa orang. Terutama bagi Anda yang belum pernah mencatat dan mengatur keuangan sendiri sebelumnya. Anda tidak perlu khawatir. Perkembangan teknologi informatika memungkinkan Anda mengatur keuangan langsung dari HP pintar Anda. Setidaknya, ada ratusan aplikasi finansial yang dapat membantu Anda mengatur keuangan. Pada artikel ini, Anda bisa mengenal 4 aplikasi finansial paling populer untuk mengatur keuangan. Tentu saja dengan cara yang mudah dan gratis!

1. Intuit Mint (https://www.mint.com/)

investojunkie.com

Mint adalah aplikasi budgeting yang merajai list-list uraian di Internet. Aplikasi yang dikembangkan oleh Intuit ini diklaim sebagai yang terbaik di kelasnya. Mint menawarkan berbagai fitur untuk membantu Anda melacak dan mengelola uang Anda. Aplikasi ini memiliki daftar-daftar bank, kartu kredit, dan lembaga keuangan lainnya. Melalui daftar-daftar lembaga keuangan tersebut, Mint akan melacak transaksi dan mengategorikan transaksi-trasaksi tersebut. Anda dapat mengatur transaksi dan pelacakan serta menentukan anggaran dana perbulannya. Dengan demikian, Anda dapat melacak dan menganalisa kebutuhan dan pemasukan Anda perbulannya. Anda dapat menginstall Intuit Mint dari Google Play Store atau AppStore, gratis!

2. PocketGuard : Penjaga Kantong Anti Boros

pocketguard.com

Fungsi utama PocketGuard adalah mencegah Anda boros, sesuai namanya.  Aplikasi ini dapat melacak pemasukan dan pengeluaran. Termasuk pengeluaran untuk TV langganan, tagihan telepon, dan internet. Aplikasi ini dapat melacak seluruh transaksi akun finansial Anda, lalu melakukan kalkulasi pengeluaran. Jika pengeluaran Anda lebih besar dari budget, maka aplikasi ini akan memberikan peringatan. Kinerjanya mirip dengan “Data Usage” pada OS Android, dengan demikian, Anda akan terhindar dari pemborosan.

3. Goodbudget : Aplikasi Budgeting Untuk Suami Istri

theunlockr.com

Aplikasi ini sebelumnya dikenal sebagai Easy Envelope Budget Aid. Untuk Anda yang ingin mengontrol pemasukan dan pengeluaran bersama pasangan,  Goodbudget adalah pilihan sempurna. Aplikasi ini memiliki filosofi seperti amplop anggaran yang mengelompokkan pengeluaran berdasarkan kebutuhan. Fitur sharingnya cocok untuk membagikan anggaran dengan pasangan, meski Anda dapat menggunakannya sendiri. Saat Anda menambahkan transaksi baru, Anda memiliki opsi untuk menambahkan seluruh detail. Dari detail yang Anda masukkan, aplikasi ini akan otomatis membagi anggaran menjadi beberapa kategori (disebut amplop di aplikasi).

Baca Juga: 3 Olahraga Praktis Untuk Orang Sibuk, Sehat Tanpa Buang Waktu

4. Spendee

gadgetreview.com

Spendee adalah aplikasi tracking finansial yang dapat mencatat pemasukan dan pengeluaran Anda dengan mudah. Spendee memiliki ukuran yang ringkas, begitu pula desainnya. Spendee memiliki desain yang simpel dan komprehesif. Terdapat dua jenis Spendee, versi gratis dan premium. Spendee Premium menawarkan fitur-fitur berharga yang membantu Anda mengelola keuangan Anda dengan cara yang lebih nyaman. Spendee Premium, menawarkan optimasi perencanaan anggaran secara otomatis. Spendee premium ditawarkan dalam paket bulanan dan tahunan. Spendee dapat diinstall di perangkat iPhone dan Android.

5. Fudget : Timeline Anggaran dan Pemasukan Super Simpel

fudget.com

Banyak aplikasi finansial yang memiliki fitur canggih. Namun, tidak semua fitur tersebut dibutuhkan. Fudget memiliki desain yang supersimpel. Anda hanya perlu memasukkan jumlah pengeluaran dan pemasukan. Selanjutnya, Anda akan mendapat tampilan sederhana berupa timeline pengeluaran dan pemasukan. Tanpa grafik dan folder yang nampak semrawut dan susah dikelola. Fudget menyediakan kalkulator dan tema yang berwarna menarik, jadi aplikasi ini tidak nampak membosankan.

Pada saat mengatur keuangan, Anda harus mencatat pemasukan dan melacak pengeluaran. Pengelolaan dana yang digunakan harus disesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda ingin menyisihkan gaji Anda untuk tabungan dan investasi, Anda harus merinci dengan baik kebutuhan primer dan sekunder Anda. Bukan hanya itu, Anda juga harus menahan dari godaan kebutuhan tersier yang kadang tidak terlalu penting. Selamat mencoba ya!

Baca Juga: 3 Cara Terbaik Untuk Meyakinkan Pelanggan Agar Membeli Produk

13 / 08 / 2018
Oleh: Redaksi
tagline