Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Sumber gambar: pexels.com

Mengapa Perlu Business Plan?

Rencana bisnis atau yang bisa disebut dengan Bisnis plan merupakan unsur penting yang wajib dilakukan oleh setiap pebisnis dimanapun. Karena dengan adanya rencana bisnis maka akan membuat usahanya lebih baik. Memang memunculkan ide kreatif akan semakin menunjang keberhasilan seorang pebisnis. Namun mereka tidak boleh mengandalkan ide kreatif saja, karena apabila tidak memiliki rencana matang bisa saja usaha yang dibangun akan kandas di tengah jalan.

Rencana bisnis meliputi langkah-langkah apa saya yang akan dilakukan dalam mengembangkan bisnis yang sedang anda geluti. Setelah ada langkah-langkah yang ditetapkan maka kita tinggal mengikuti alur dan menerapkannya. Jangan kira rencana bisnis tidak akan penting, banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dengan membuat rencana bisnis. Lebih jelasnya kita simak di bawah ini ya.

Sebagai Panduan Menjalankan Bisnis

rawpixel.com

Ketika anda memiliki bisnis plan maka akan sangat memudahkan anda dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis yang anda geluti. Sehingga bisnis ada lebih terarah dan lebih fokus. Sebagai contoh, ketika anda akan membuat sebuah rumah, pasti anda sudah merencanakan denah rumah seperti apa, bentuk rumah seperti apa, kemudian barang perabotan apa saja yang akan dibeli, dan lain sebagainya. Sehingga ketika membangun rumah semuanya sudah ada arahan sesuai rencana awal yang telah dibuat, sehingga kita tinggal merealisasikannya. Jadi lebih mudah kan?

Media Mengumpulkan Dana

pixabay.com

Dengan memiliki rencana bisnis yang matang, maka ketika anda ingin mencari investor atau penanam modal untuk bisnis anda menjadi lebih mudah. Karena jika hanya menceritakan bagaimana prospek bisnis anda kedepannya tanpa langkah-langkah yang pasti dan matang maka investor pun ragu.

Tak hanya berlaku pada investor, Bank jika ingin meminjamkan uangnya juga membutuhkan bisnis plan yang matang. Karena seseorang akan ragu meminjamkan uangnya ketika tidak ada kejelasan bagaimana perkembangan bisnis tersebut ke depannya.

Menyusun Strategi

Startup Stock Photos

Seseorang yang memiliki usaha memang dituntut untuk mengeluarkan ide-ide kreatif demi kemajuan usahanya. Namun tak hanya ide saja yang dibutuhkan. Mereka juga memerlukan rencana yang tersusun matang untuk menunjang ide-ide tersebut menjadi kenyataan.

Sebagai contoh anda ingin mempromosikan produk anda dengan endorse ke artis ternama. Tentunya anda harus mencari rentetan langkah dan persyaratan yang dibutuhkan agar bisa meng-endorese artis tersebut, dengan menyiapkan biaya yang akan dibayar untuk artis tersebut dan langkah selanjutnya setelah proses mengendorse itu apa. Tentunya harus direncanakan dengan matang di awal.

Gambaran Peruntungan

rawpixel.com

Memang banyak orang yang beranggapan ketika memulai bisnis, mereka meinginkan keuntungan yang besar dan lain sebagainya. Nah, sebagai seorang pebisnis anda harus realistis dengan segala kenyataan yang terjadi. Oleh karena itu, business plan teramat penting untuk mengetahui pencapaian apa saja yang harus didapatkan.

Sehingga, ketika ada permasalahan di tengah jalan, anda bisa mencari solusi yang tepat untuk memperbaikinya, sehingga anda bisa melanjutkan langkah atau step selanjutnya untuk mencapai kesuksesan. Selain itu, business plan juga sebagai penyeimbang antara emosi dan rasio.

Meminimalisir Kesalahan Fatal

Atmosferku.com

Dengan adanya perencanaan bisnis dalam sebuah usaha, seorang pebisnis akan terhindar dari kerugian besar yang terjadi di tengah perjalanan bisnis anda. Selain itu, dalam rencana bisnis juga harus membuat struktur organisasi, strategi bisnis, serta mencari tahu ciri khas produk yang dihasilkan dan lain sebagainya. Sehingga anda bisa memiliki pembeda diantara produk yang diciptakan perusahaan lain.

Nah, itulah tadi beberapa alasan pentingnya membuat rencana bisnis. Selamat membuat rencana bisnis, semoga sukses! (*)

 

 

06 / 12 / 2018
Oleh: Redaksi
tagline