Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Mengapa Branding itu Penting? Ini Jawabannya

Branding merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan oleh setiap pengusaha. Karena melalui branding, pembeli bisa memberikan keputusannya membeli atau tidak. Dalam proses branding, pengusaha harus mampu menciptakan sebuah karya yang mampu membentuk citra dan rasa secara emosional dari pelanggan dengan merek produknya tersebut.

Selain itu, adanya branding menjadikan pembeda dengan pesaing. Caranya melalui proses kreatif yang diciptakan oleh perusahaan agar pesan yang ingin disampaikan mampu diterima pembeli. Setiap produk berkualitas selalu memiliki merek yang menarik sehingga mudah untuk diingat. Kebanyakan bisnis yang berhasil itu dapat mencetuskan presepsi kepada pelanggan untuk menawarkan sebuah jasa maupun produk dari sebuah merek.

Kemudian, muncul sebuah pertanyaan, mengapa branding sangat perlu bagi pengusaha yang baru merintis? Ini jawabannya.

Penyampaian Pesan

Photo by Reuben Juarez on Unsplash

Dengan adanya branding, pengemasan komunikasi akan tersampaikan secara baik. Merek yang berkualitas mampu menyampaikan informasi dengan jelas kepada pelanggan. Ketika menciptakan sebuah merek, pengusaha wajib mencetuskan pesan seperti apa yang akan disampaikan kepada pembeli ketika mereka akan menggunakan merek yang ditawarkan. Itulah peranan branding. Dengan adanya identitas brand, visual logo, tagline, sebuah brand akan mampu mengomunikasikan manfaat yang mereka tawarkan terhadap para pembeli.

 

Membentuk Kredibilitas

Photo by Tom Sodoge on Unsplash

Kredibilitas merupakan hal penting untuk sebuah brand. Pasalnya kredibilitas mampu mempengaruhi minat pelanggan. Untuk membangun kredibilitas pada sebuah produk dengan baik, maka penampilan logo, kemasan, maupun iklan dari produk atau jasa yang anda tawarkan harus punya cita rasa seni yang tinggi dan mampu menarik pelanggan.

Selain itu, brand anda juga harus menunjukkan kualitas layanan yang baik pula bagi para pelanggan. Ketika kualitas merek semakin tinggi, maka semakin meningkat kredibilitas bisnis di mata pelanggan. Sehingga pelanggan akan memilih produk anda sebagai solusi permasalahan yang mereka hadapi.

Menciptakan Hubungan Emosional

www.cope-salesandmarketing.com

Percaya tidak, dengan proses branding yang baik, akan timbul hubungan emosional yang baik bagi pelanggan dengan sebuah produk. Contohnya ketika pelanggan akan membeli air mineral. Kebanyakan orang di Indonesia akan menyebutkan Aqua padahal masih banyak air mineral dengan harga yang lebih murah. Hal tersebut bukti bahwa sebuah merek mampu menciptakan hubungan emosional antara pelanggan dengan merek. Ketika branding sudah kuat, produk atau bisnis anda akan menjadi top of mind pelanggan.

Memotivasi Pelanggan

pixabay.com

Ketika pelanggan terbiasa dengan merek dan mampu menerima makna dari informasi yang akan disampaikan, maka akan memotivasi pelanggan untuk terus memakai produk anda. Ketika sebuah hubungan telah terjalin kuat antara perusahaan dengan pelanggan, maka pelanggan akan terus menggunakan produk atau jasa anda. Ditambah lagi, bisa saja mereka mempromosikan merek tersebut kepada orang lain. Apalagi di era digital ini, pelanggan cenderung membeli sesuatu karena rekomendasi dari orang sekitar.

Menciptakan Pelanggan Loyal

Photo by bruce mars from Pexels

Saat pelanggan telah membeli produk anda dan merasakan manfaatnya, maka serangkaian proses branding telah selesai. Dan hal tersebut mencipatakan rasa setia pelanggan untuk terus menggunakan produk anda. Usahakan untuk membangun merek dengan kuat dan bernilai tinggi. Karena tanpa proses branding semua rangkaian proses di atas tidak akan berhasil.

Maka kesimpulannya dengan branding merek yang kuat dan bernilai tinggi, pelanggan akan tertarik untuk membeli produk anda, bahkan hingga merekomendasikannya ke kerabat mereka. Karena, membangun merek dengan branding yang baik akan menciptakan banyak pelanggan yang loyal. Selamat branding dan semoga sukses! (*)

 

07 / 11 / 2018
Oleh: Redaksi
tagline