Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Sumber gambar: Hashmicro

Memfokuskan Profit Bisnis Dengan Teori Pareto

Terkadang, anda tidak perlu memberikan perhatian 100% dari pelanggan anda atau skala kegiatan promosi anda untuk mendapatkan konsumen. Karena 80% hasil dari bisnis anda dihasilkan dari 20% konsumen dan segala kegiatan bisnis anda. Salah satu teori yang mendukung pernyataan tersebut adalah teori pareto.

Teori pareto atau bisa disebut juga aturan 80-20 merupakan sebuah teori dimana 80% dari sebuah hasil berasal dari 20% penyebab tertentu. Teori ini pertama kali diperkenalkan oleh Vilfredo Pareto yang mengamati sebuah fenomena arus perekonomian masyarakat di Italia pada tahun 1906. Dari pengamatan tersebut didapatkan hasil bahwa 80% total penghasilan di Italia berasal dari 20% penduduk Italia.

Jadi, menurut teori ini, anda tidak perlu menghabiskan tenaga dengan memberi perhatian pada 100% dari jumlah konsumen anda, karen hanya 20% dari konsumen anda yang berkontribusi pada 80% penghasilan dari usaha anda.

Penerapan teori pareto bisa menjadi strategi yang sempurna untuk diterapkan pada bisnis anda yang baru saja dimulai. Memiliki bisnis kecil pastinya terkadang anda merasa kualahan. Dengan strategi ini, fokus anda akan mengerucut dan lebih efisien.

Jika anda tertarik menerapkan teori pareto pada bisnis kecil anda, berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan.

Melakukan Analisa dengan Membuat Skema

Dailysocial

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mendapatkan data. Lihat total penjualan anda dan temukan 20% produk yang memberikan 80% penghasilan dari usaha anda. Anda bisa melihat catatan keuangan yang sudah. Jika anda masih baru mau memulai bisnis, rencanakan dan prediksikan produk mana yang kira-kira berpotensi untuk menarik konsumen.

Ibaratkan restoran yang memiliki banyak menu, tidak semua menu akan menerima pesanan, namun selalu ada menu tertentu yang selalu dipesan dan menghasilkan kontribusi terbesar dalam keuangan bisnis anda.

Perhatikan Strategi Iklan

B&T

Dalam meningkatkan angka penjualan, iklan dan promosi harus gencar dilaksanakan. Anda juga pasti akan menyiapkan berbagai macam teknik dan strategi promosi untuk bisnis anda. Mulai dari pamflet, postingan sosial media, follow up, dan berbagi media lainnya. Perhatikan 20% strategi iklan mana yang paling efektif. Lalu eliminasi teknik iklan yang minim dampak untuk peningkatan bisnis anda.

Anda juga tidak mungkin mengiklankan semua produk anda dengan skala prioritas yang sama. Anda hany oerlu fokus mengiklankan produk yang paling laris atau biasa disebut dengan best seller product.

Memberi Perhatian Khusus pada 20% Pelanggan Setia

Moka Blog

Tidak perlu 100% pelanggan aktif, hanya dengan 20% pelanggan yang masih setia, anda bisa mendapatkan penghasilan sebanyak 80% dari target anda. Berikan promosi dan diskon pada 20% konsumen setia anda secara berkala

Jangan lupa tetap pertahankan maupun meningkatkan pelayanan dari bisnis anda untuk menjaga kestabilan 20% pelanggan anda.

Perhatikan Stock Barang

Teh Pucuk Harum

Jika anda sudah tau 20% produk yang memberikan 80% penghasilan untuk bisnis anda, jangan sampai kehabisan stock. Alokasikan biaya lebih untuk memproduksi ulang produk yang paling dicari oleh konsumen. Otomatis anda harus menurukan biaya produksi untuk produk yang tidak terlalu meberi dampak pada bisnis anda.

Dengan begini anda jadi lebih fokus dan alur uang dan barang lebih efisien. Anda tidak akan memiliki barang yang tertimbun dari musim lalu dan mubasir. Namun, anda harus pastikan aspek lain seperti iklan, promosi dan pelayanan harus mendukung larisnya 20% produk unggulan bisnis anda. Selamat mencoba! (*)

 

 

11 / 02 / 2019
Oleh: Redaksi
tagline