Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Sumber gambar: Photo by Dmitry Nucky Thompson on Unsplash

Mau Sukses Berbisnis Food Truck? Simak Tips Berikut Ini

Ada banyak bisnis yang hidup matinya bergantung musim. Misalnya, bisnis minuman dingin, tentunya akan sepi bila sudah memasuki musim hujan seperti sekarang. Namun, ada bisnis yang tidak pernah ada matinya. Yakni bisnis makanan. Karena memang, makanan merupakan kebutuhan pokok setiap manusia sehingga tidak mengherankan bila bisnis ini tidak pernah kehabisan pelanggan.

Di Indonesia, terutama di kota-kota besar, bisnis makanan ini dikemas sedemikian rupa dengan tampilan semenarik mungkin. Agar tak kalah bersaing, para pebisnis kuliner terus berinovasi. Salah satu inovasi yang mereka lakukan adalah menjual makanan menggunakan kendaraan dengan desain menarik. Bisnis makanan ini lazim disebut sebagai food truck. Unik karena menjual makanan di dalam sebuah mobil dan dapat berpindah-pindah lokasinya.

Food truck sendiri memiliki konsep menjual makanan lewat mobil berukuran besar yang di dalamnya didesain terdapat dapur kecil untuk menyiapkan makanan. Di negara Barat seperti Amerika, food truck sudah umum dijumpai. Di Indonesia, food truck kini mulai marak. Namun, meski begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan bila ingin sukses dalam bisnis ini. Apa saja?

Pilih Makanan dan Minuman

Photo by Stokpic on Pexels

Dalam menjual makanan di food truck, yang paling penting untuk diperhatikan adalah produk atau makanan dan minuman yang dijual. Pilihlah ragam makanan/minuman yang memang mudah dijual dan memiliki banyak penggemar. Namun, karena tempatnya yang terbatas, lebih baik bila yang dijual adalah makanan siap saji yang mudah diolah.

Jangan membuat makanan yang rumit sekaligus membutuhkan waktu lama untuk penyajian. Selain akan menyulitkan Anda sebagai penjual, pembeli kurang senang bila menunggu terlalu lama pesanan mereka sampai di meja. Jadi, pilih makanan sederhana tapi disukai banyak orang.

Merancang Spesifikasi Food Truck

Photo by Clem Onojeghuo from Pexels

Tidak hanya jenis makanan yang dijual, yang juga penting diperhatikan adalah desain kendaraannya. Desain mobil untuk berjualan ini tentunya disesuaikan dengan makanan yang dijual. Terutama peralatan dapur yang dibutuhkan.

Bila Anda berjualan nasi goreng, tentunya membutuhkan wajan berukuran besar. Namun, lain ceritanya jika Anda berjualan hotdog. Anda tentunya tidak memerlukan wajan, melainkan tempat grill kecil untuk daging. Lalu, jika yang dijual kentang goreng, maka Anda perlu menyediakan deep fryer, dan lain sebagainya.

Mencari Inspirasi Desain Food Truck

restaurantsuccesslibrary.touchbistro.com

Desain untuk food truck ini beragam. Mulai dari yang sederhana hingga keren. Untuk desain ini, Anda perlu menyesuaikan tipe makanan yang dijual. Dan untuk mendapatkan desain yang menarik, Anda bisa browsing di internet untuk melihat aneka desain food truck dan mendapatkan inspirasi.

Nah, agar mendapatkan desain yang menarik, Anda juga bisa menggunakan jasa ahli desain yang telah terpercaya dan berpengalaman. Sebab, tentunya lebih baik mengeluarkan modal agak mahal di awal, daripada membuatnya asal-asalan dan akhirnya Anda terpaksa membuat baru dari awal lagi dengan biaya lebih mahal.

Tentukan Lokasi

balebengong.id

Setelah menentukan jenis makanan yang dijual dan juga desain food truck, langkah selanjutnya adalah tentukan tempat di mana Anda ingin berjualan. Ingat, tempat juga berpengaruh terhadap kelancaran usaha. Jika tempat tersebut ramai, tentunya akan memperbesar peluang mendapatkan pelanggan.

Namun, di manapun, pastikan perizinannya jelas. Sebab, di Indonesia, perizinan food truck masih belum terlalu jelas. Semisal bila berjualan di perumahan, tanyakan kepada RT setempat, lalu apabila di area mall, tanyakan ke petugas mall dan seterusnya.

Digital Promotion

Photo by Kerde on Pexels

Orang-orang di Indonesia sangat aktif bersosial media. Jadi, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk berpromosi. Selain mudah dilakukan, promosi bisnis food truck Anda melalui media sosial tentunya juga gratis!

Modal bisnis food truck sebenarnya tidak terlalu besar sehingga sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari inspirasi bisnis. Persiapannya juga sangat mudah, bukan? Selamat mencoba! (*)

 

 

20 / 02 / 2019
Oleh: Redaksi
tagline