Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Sumber gambar: Miignon.com

Mau Bisnis Kuliner? Ini yang Harus Anda Lakukan

Bisnis kuliner akhir-akhir ini memang banyak yang melirik. Kuliner saat ini menjadi bisnis yang paling menjajikan. Beberapa orang tidak akan ragu mengeluarkan banyak biaya untuk menikmati semangkuk makanan yang memiliki rasa nikmat.

Tak heran, apabila saat ini pebisnis makanan muncul dimana-mana, mulai dari makanan tradisional atau yang lebih dikenal dengan pedagang kaki lima, hingga pebisnis kuliner sekelas kafe mapun restoran.

Siapapun bisa menjadi pebisnis makanan, namun anda jangan langsung berharap untuk mendapatkan keuntungan lebih dengan membuka café ataupun restoran. Selain itu, butuh modal yang besar untuk membuka café ataupun restoran besar. Anda bisa memulainya dengan membuka kedai makanan sederhana namun memiliki rasa yang nikmat.

Nah, berikut beberapa cara yang harus anda lakukan untuk membuka sebuah bisnis kuliner.

Modal

blog.mokapos.com

Modal memang menjadi salah satu hal yang harus dipersiapkan untuk membuka suatu usaha. Namun terkadang karena masalah modal, seseorang akan membatalkan niatnya untuk memulai usaha. Padahal banyak cara untuk menutupi kekurangan modal. Salah satu caranya, bisa dengan mencari partner agar bisa diajak kerja sama.

Selain itu meminjam koperasi atau bank lewat Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pelaku UKM. Jika meminjam dari lembaga keuangan, maka anda harus membuat laporan keuangan yang mencantumkan pemasukan, pengeluaran, dan asset usaha yang dimiliki. Hal ini bertujuan agar lembaga keuangan tersebut mengetahui secara pasti perkembangan bisnis anda.

Menu

http://www.provoke-online.com

Sebelum membuka usaha kuliner, pastikan terlebih dahulu menu seperti apa yang akan anda jual. Selain itu, anda wajib mengumpulkan informasi terkini mengenai perkembangan menu yang akan anda jual, apakah sudah banyak orang yang menjualnya atau tidak.

Apabila disekitar lokasi usaha anda, menu yang akan anda jual tidak banyak didirikan, maka itu merupakan peluang emas bagi anda. Selain itu, rasa dari menu andalan pun harus diperhatikan, karena rasa akan mempengaruhi seseorang untuk kembali lagi.

Lokasi

Photo by rawpixel.com from Pexels

Lokasi menjadi salah satu peran penting yang harus anda perhatikan. Semakin strategis lokasi yang anda pilih, semakin besar pula peluang anda untuk mendapatkan banyak pelanggan. Oh ya, anda harus menghitung modal yang anda keluarkan, jangan sampai modal habis karena menyewa atau membangun sebuah tempat usaha. Selain itu, tak perlu langsung membangun tempat usaha anda dengan bangunan mewah, mulailah dengan bangunan yang sederhana namun layak.

Promosi

Photo by JJ Ying on Unsplash

Ketika membuka sebuah usaha kuliner, bagian marketing memiliki tanggung jawab cukup besar untuk memperkenalkan produk dari usaha kuliner tersebut. Saat ini kita hidup di zaman digital yang mempermudahkan promosi. Hal ini bisa dilakukan lewat media sosial baik  instagram, facebook, twitter, hingga blog pribadi.

Selain itu review dari orang lain pun cukup berpengaruh. Kemudian, omongan dari satu orang ke satu orang lainnya juga berpegaruh besar. Seperti misalnya, apabila seseorang merasa masakan yang kita hasilkan nikmat, maka akan membuat orang tersebut menyampaikan hal itu kepada kerabat dekatnya. Sehingga promosi dari mulut ke mulut pun terjadi.

Perijinan

Selanjutnya, demi keamanan usaha anda, pastikan untuk mengurus surat izin usaha dari instansi pemerintahan maupun pihak berwenang setempat. Apalagi jika usaha anda semakin berkembang pesat, ada baiknya untuk mengurus Nomor Pokok Wajib pajak (NPWP) bagi usaha Anda, hingga memastikan bahwa produk makanan yang anda jual mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Nah, itu tadi tips untuk memulai bisnis kuliner. Mudah, kan? Selamat berbisnis! (*)

 

16 / 11 / 2018
Oleh: Redaksi
tagline