Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Sumber gambar: Cermati.com

Kiat Merencanakan Pelunasan Utang Bisnis Anda Dengan Tepat

Memulai sebuah bisnis pastinya membutuhkan modal awal. Bisa dengan uang yang selama ini sudah anda tabung atau mengajukan pinjaman di bank. Jika anda mengajukan utang dengan nominal yang tinggi, perencanaan melunasi utang merupakan aspek yang juga harus anda perhatikan ketika sedang membangun bisnis anda.

Mencari penghasilan dan profit dengan melunasi utang harus menjadi agenda yang seimbang dalam perencanaan keuangan bisnis anda. Jangan hanya berfokus pada mengumpulkan profit, utang juga merupakan kewajiban yang harus dilunasi. Jika diambaikan dan terus ditunda hanya akan menjadi batu sandunga ke depannya untuk bisnis anda.

Berikut beberapa langkah dan kiat untuk merencanakan pelunasan utang bisnis anda dengan tepat.

Lakukan Perencanaan Keuangan Bisnis dan Meminjam Seperlunya

rawpixel.com

Dalam membangun bisnis, anda pasti memiliki perencanaan keuangan awal. Entah untuk biaya produksi, promosi, dan lain-lain. Lakukan perhitungan yang tepat dan terperinci, lalu ajukan utang ke bank cukup sesuai dengan kebutuhan anda, jangan lebih banyak dari target usaha anda. Jangan lupa menghitung buna juga.

Dari sini anda jadi akan memiliki margin pada keuangan bisnis anda. Pertahankan margin anda normal meski anda tetap harus mencicil utang setiap beberapa period.

 

Jadwalkan Pembayaran Tagihan dan Utang Bisnis Secara Disiplin

tirto.id

Anda harus sabar dalam menikmati keuntungan dalam bisnis anda, jangan tergiur dengan penghasilan untuk mengembangkan bisnis lebih lagi dengan uag tersebut, tutup dulu utang-utang anda dalam periode pertama berbisnis anda.

Dalam manajemen keuntungan yang anda dapat, alokasikan uang dengan prioritas untuk tagihan perusahaan dan utang-utang anda. Jika keuntungan anda meingkat, ada baiknya juga fokus untuk menyelesaikan utang dulu lebih cepat.

Melunasi Utang dengan Nominal yang Paling Kecil

kaltara.prokal.co

Jika anda mengutang dari berbagai sumber, utamakan utang yang kecil terlebih dahulu. Salah jika anda memprioritaskan utang yang besar terlebih dahulu. Minimalisasi utang anda dari berbagai sumber. Utang terkecil pastinya akan lebih muda untuk diselesaikan.

Utang yang besar biasanya jatuh temponya juga lebih lama. Yang pentin dibayar tetap waktu meski dengan mencicil sedikit-sedikit. Secara berkala juga cicilan anda akan berakhir.

Menjual atau Menggadaikan Aset

lippo.co.id

Membangun bisnis terkadang membutuhkan pengorbanan. Jika dalam kemungkinan terburuk utang anda tidak bisa dilunasi dalam suatu period, anda bisa menjual aset pribadi anda untuk melunasi utang. Lalu usahakan kestablan alur uang bisnis anda dikemudian harinya agar anda bisa mendapatkan keuntungan untuk membeli aste anda kembali, bahkan membeli yang lebih bagus.

Jika sayang menjual aset, anda bisa menggadaikannya untuk sementara. Jangan mudah merelakan aset, buat hal ini menjadi pacuan untuk anda agar anda bisa menyelamatkan aset anda kembali dari rumah gadai.

Jangan Menambah Utang Baru Ketika Tidak Bisa Membayar

Blog Fajril

Teknik ‘gali lubang, tutup lubang’ hanya akan menjadi bencana bagi anda yang baru saja memulai bisnis. Banyak usaha bangkrut karena terlilit utang. Jika bisnis anda tidak berkembang, paling tidak selesaikan dulu kewajiban utang-utang anda dengan cara apapun tanpa harus mengutang lagi. Misalanya dengan menekan promosi dan marketing atau menggunakan uang pribadi.

Tidak semua bisnis mengalami kesuksesan, anda harus berhenti jika bisnis anda tidak berkembang. Tutup semua utang lalu mulai bisnis baru dalam beberapa jangka waktu ke depan. Lebih baik berhenti sementara dari pada harus terlilit utang yang hany akan menghancurkan rencana bisnis anda.

Nah, itulah beberapa tips merencanakan pelunasan utang bisnis anda dengan tepat. Semoga bermanfaat! (*)

 

 

19 / 02 / 2019
Oleh: Redaksi
tagline