Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Sumber gambar: www.business2community.com

Keuntungan Bisnis Franchise yang Melimpah, Berikut Ulasannya

Saat ini waralaba atau franchise menjadi bisnis yang menjanjikan dengan mendapatkan keuntungan tinggi. Secara umum, franchise merupakan cara bisnis dengan memperluas dan mendistribusikan barang atau jasa dengan lisensi dagang.

Untuk menjalankannya, biasanya anda diharuskan membayar biaya awal dan royalti kepada pemilik merek franchise. Keuntungan yang anda dapatkan adalah anda dapat menggunakan merek dagang, logo, sistem bisnis waralaba dan tentunya hak untuk menjual produk. Selain itu anda akan mendapatkan dukungan penuh dari pemilik franchise.

Secara umum waralaba atau franchise merupakan cara bisnis dengan memperluas dan mendistribusikan barang atau jasa dengan lisensi dagang. Anda sebagai pemegang franchise, membayar biaya awal dan royalti kepada pemilik merek untuk menggunakan merek dagang, logo, sistem bisnis waralaba serta hak untuk menjual produk dan mendapat dukungan dari pemilik franchise.

Banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan bisnis franchise, bahkan franchise memberikan kesempatan sukses yang lebih tinggi. Selain itu masih banyak lagi keuntungan yang bisa anda dapatkan. Simak beberapa keuntungannya di bawah ini.

Mendapatkan Merk yang Sudah Terkenal

simomot.com

Apabila anda membuka bisnis baru dengan memproduksi produk yang baik, akan butuh waktu bagi masyarakat untuk mengetahui bagaimana kualitas produk anda. Dan waktu yang dibutuhkan pun harus bertahun-tahun bagi para pengusaha untuk membangun reputasi serta pelanggan. Namun jika membuka bisnis franchise dengan merk yang terkenal, maka anda akan menjadi lebih mudah menarik pelanggan, karena masyarakat telah mengerti merek dan kualitas produk anda.

Program Pemasaran

rawpixel.com

Biasanya untuk memasarkan produk, bisnis retail kecil akan mendapatkan pelanggan dari rekomendasi dari mulut ke mulut, melalui media sosial, dan lain sebagainya. Semua strategi pemasaran mereka lakukan sendiri berdasarkan kemampuan yang mereka miliki. Namun berbeda dengan bisnis franchise. Pemasaran akan dilakukan dengan dana pemasaran kooperatif, dimana strategi pemasaran akan dilakukan dengan bantuan pemilik franchise.

Dukungan dan Pelatihan

rawpixel.com

Bisnis franchise merupakan bisnis tim. Oleh karena itu, pemilik franchise selalu meningkatkan dan mempertahankan reputasi bisnis. Dia akan memastikan semua toko franchise beroperasi sesuai standar yang telah ditentukan.

Oleh karena itu pemilik franchise akan memberikan pelatihan agar seluruh cabang memiliki sistem yang sama. Termasuk aspek operasional, mengelola keuangan, teknis, cara mengelola karyawan hingga memberikan citra yang baik pada pelanggan.

Memulai Bisnis Lebih Cepat

Jobcrusher.com

Berbeda dengan membuka bisnis perseorangan yang cenderung membutuhkan waktu yang lama, bisnis franchise yang jauh lebih cepat dibandingkan membuka bisnis perseorangan. Mengapa demikian? Karena, ketika membuka bisnis franchise anda telah memiliki model bisnis dari pemilik franchise yang telah sukses membangun bisnis tersebut.

Anda tidak perlu repot untuk membuat menu dan memikirkan proses, serta model bisnis, karena semuanya sudah tersedia. Sehingga, perencanaan bisnis yang anda buka jauh lebih mudah dan cepat.

Panduan Memilih Lokasi

skitterphoto.com

Seringkali menentukan lokasi menjadi hal yang sangat sulit bagi pengusaha retail. Tentunya semua pengusaha menginginkan area yang ramai dan sering dilalui oleh orang, serta hal terpenting adalah tidak terlalu banyak orang yang mendirikan bisnis sejenis.

Nah, nilai plus dalam membangun bisnis franchise adalah, pemilik bisnis franchise yang sudah berpengalaman dan mapan akan membantu anda untuk menemukan area yang mendukung. Dengan menjalankan serangkaian observasi area manakah yang paling sesuai untuk bisnis tersebut.

Itulah tadi beberapa ulasan keuntungan berbisnis franchise. Semoga bermanfaat! (*)

 

30 / 11 / 2018
Oleh: Redaksi
tagline