Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Sumber gambar: Photo by rawpixel on Unsplash

Kegiatan Investasi yang Cocok Bagi Pemula

Kegiatan investasi merupakan hal penting yang dilakukan beberapa orang untuk tabungan masa depannya nanti. Kebanyakan investasi dilakukan oleh seseorang yang memiliki uang dan kondisi ekonomi yang matang. Tapi ternyata investasi juga bisa dilakukan oleh anak muda juga lho.

Pada usia 20an hingga menjelang 40-an ada usia produktif seseorang. Pada masa itu, seseorang akan memiliki semangat tinggi untuk bekerja, namun terkadang mereka menggunakan hasil untuk hal yang kurang berguna. Padahal ada beberapa cara yang bisa anda manfaatkan untuk investasi demi masa depan. Ada beberapa jenis investasi bagi pemula yang bisa anda coba, yuk kita simak di bawah ini:

Investasi Emas Batangan

Photo by Pixabay on Pexels

Siapa bilang investasi emas batangan tidak berguna? Emas bisa menjadi investasi yang cukup menguntungkan. Dengan modal yang tak terlalu besar, anda sudah bisa membeli keping emas batangan. Anda bisa menyimpannya sendiri, atau apabila anda merasa tidak aman, anda bisa menyimpannya di bank emas.

Harga emas memang cukup fluktuatif, sehingga anda bisa memanfaatkan hal ini. Ketika harga emas naik, anda bisa menjualnya dan mendapatkan harga yang lebih tinggi dari pada sebelum anda membelinya.

Deposito Berjangka

www.bareksa.com

Dengan mendepositokan uang di bank, anda akan mendapatkan bunga lebih besar daripada menabungnya. Deposito adalah menyimpang uang di bank dengan periode tertentu. Anda bisa memilih berapa lama uang akan anda simpan dalam deposito sesuai dengan ketentuan Bank. Untuk bunga pada setiap Bank pun berbeda, ada yang menawarkan lebih besar maupun lebih rendah.

Reksadana

Photo by Pixabay on Pexels

Reksadana merupakan investasi yang dikelola oleh sekelompok orang yang menghimpun dana secara koletif dan disalurkan pada pilihan investasi. Investasi dengan reksadana cukup mudah dan gampang lho. Dengan uang seratus ribu rupiah saja, anda sudah bisa berinvestasi di reksadana.

Reksadana pun memiliki beberapa jenis seperti pasar uang, pendapatan tetap, saham, campuran, dan lain sebagainya. Anda tidak perlu takut, karena pasti ada manajer investasi yang akan membantu anda untuk mengelola reksadana anda, dan keuntungan yang didapatkan dari reksadana akan dikembalikan pada investornya secara rata.

Bisnis Properti

Photo by rawpixel.com from Pexels

Bisnis properti menjadi salah satu investasi yang menjanjikan. Keuntungan dari investasi properti cukup menggiurkan, bagaimana tidak, setiap tahunnya harga properti naik antara 10-20 persen. Apalagi di sekitar lokasi ada pembangunan jalan tol maupun pembangunan infrastruktur lain, maka harga pun semakin melonjak tinggi. Memang, modal yang dibutuhkan lumayan besar, tapi anda bisa memutarnya kembali nanti dengan menyewakan atau dijual lagi dengan harga yang lebih tinggi.

Investasi Pendidikan

Photo by Pixabay on Pexels

Terakhir adalah investai pendidikan. Investasi satu ini sangat berharga. Tidak ada kata berhenti untuk belajar, ilmunya pun merupakan investasi jangka panjang yang selalu bermanfaat bagi diri anda maupun orang lain. Anda bisa mengambil sekolah apa saja dengan jenjang yang makin tinggi dan berbagai hal yang ingin anda kuasai.

Dengan menguasai ilmu tersebut, anda bisa menerapkannya ke beragam hal yang lebih bermanfaat. Misalnya anda bisa memulai bisnis baru dengan ilmu yang telah anda dapat. Jadi, selain mendapatkan keuntungan, anda juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Nah, itulah tadi beberapa cara investasi yang bisa anda coba, tentunya perlu kesabaran dan ketekunan untuk mendapatkan hasil lebih. Bagaimana? Tertarik mencoba? Selamat berinvestasi, semoga sukses! (*)

 

16 / 11 / 2018
Oleh: Redaksi
tagline