Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Sumber gambar: saltford.ac.uk

Jangan Takut Berbisnis Dengan Keluarga, Anda Bisa Lakukan Ini

Apabila membicarakan tentang usaha atau bisnis memang tak ada habisnya. Hampir semua orang memiliki ketertarikan dalam dunia bisnis, mulai dari bisnis kecil hingga bisnis besar. Apalagi modal tak melulu menjadi salah satu alasan seseorang memulai bisnis.

Pada zaman serba digital ini, seseorang akan dengan mudah melakukan bisnis, misalnya dengan membuat bisnis online shop dengan beragam kategori yang dijual.

Banyak media yang bisa anda pakai untuk menjalankan bisnis. Namun satu yang penting, agar usaha bisa lancar maka dibutuhkan ketekunan dan niat yang kuat serta konsep yang matang agar tidak hancur di tengah jalan.

Selain itu, anda juga membutuhkan beberapa partner untuk membangun usaha anda apabila usaha yang akan anda bangun cukup besar. Karena tidak mungkin apabila anda harus seorang diri mengembangkan bisnis anda. Nah, anda bisa mengajak seseorang yang anda percaya serta memiliki pemikiran dan konsep yang sama untuk bersama mengembangkan usaha anda.

Atau anda bisa berkolaborasi dengan keluarga anda. Keluarga menjadi seseorang yang bisa anda percayai. Apalagi mereka bukan orang lain, jadi anda tak perlu sungkan. Anda juga sangat memahami karakter keluarga anda. Namun pasti ada kekurangan apabila bekerja sama dengan keluarga.

Misalnya, apabila ada perselisihan biasanya akan semakin rumit, mengingat bahwa mereka adalah keluarga anda. Oleh karena itu, di bawah ini akan dijelaskan beberapa tips yang bisa anda lakukan ketika berbisnis bersama keluarga.

Tentukan Konsep Bersama

pixabay.com

Sebelum anda membuka bisnis bersama keluarga anda, pastikan anda dan keluarga memahami dan menyetujui konsep usaha seperti apa yang akan dijalankan. Semua hal yang berurusan dengan bisnis harus dibicarakan bersama. Setiap tim dari anggota keluarga harus saling memahami agar bisnis bisa berkembang.

Dari diskusi tersebut anda semakin mengetahui kemampuan setiap anggota keluarga dalam mengelola bisnis. Sehingga anda akan semakin mudah mengarahkan bisnis yang akan anda bangun bersama keluarga, apabila semua tim saling mengetahui kemampuan masing-masing.

Pembagian Tugas Serta Tanggung Jawab

Forbes.com

Setelah diskusi untuk menentukan konsep usaha yang akan anda buat dan mengetahui kemampuan masing-masing, maka saatnya anda membagi tugas. Anda harus memerhatikan untuk menempatkan tugas kepada anggota keluarga yang tepat. Karena apabila tugas yang diberikan pada seseorang yang tidak tepat bisa jadi menjadi cikal bakal hancurnya sebuah bisnis.

Selain itu, setiap anggota keluarga yang sudah mendapatkan tugas harus berkomitmen dan tanggung jawab dalam setiap tugas yang telah diberikan. Ketika tanggung jawab sudah dipegang oleh masing-masing anggota keluarga maka usaha yang anda bangun akan cepat berkembang.

Buat Legalitas Hukum

pixabay.com

Tetap membuat perjanjian hukum walaupun semua anggota bisnis tersebut adalah keluarga. Mengapa demikian? Karena, untuk meminimalisir apabila nantinya terjadi sebuah perselisihan besar. Oleh karena itu anda harus membuat perjanjian sesuai hukum yang berlaku.

Hal ini juga membantu agar tidak muncul perasaan yang kurang enak ketika usaha yang anda bangun kurang berjalan lancar. Isi dari perjanjian tersebut bukan hanya kesepakatan bersama, tapi juga menyangkut semua pembiayaan dan pembaian keuntungan dari usaha yang sedang di jalankan.

Menjalin Komunikasi dengan Baik

Daria Shevtsova / pexels.com

Salah satu unsur keretakan sebuah hubungan yakni buruknya hubungan komunikasi. Dalam sebuah hubungan komunikasi menjadi hal terpenting. Begitu juga dalam menjalankan bisnis. Ketika anda kurang baik dalam komunikasi bersama rekan anda, maka bisa jadi hal-hal yang diinginkan akan terjadi.

Maka dari itu anda harus saling menjaga komunikasi, walaupun semua rekan bisnis anda adalah keluarga. Ketika komunikasi berjalan lancar, maka usaha pun bisa mendapatkan profit dengan cepat.

Itulah beberapa tips membangun bisnis bersama keluarga. Selamat mencoba! (*)

 

 

20 / 12 / 2018
Oleh: Redaksi
tagline