Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Jangan Sembarangan, Ini 5 Cara Pilih Partner Bisnis yang Tepat

Oleh: Evelyn Davsy 

Memiliki sebuah usaha yang dijalankan sendiri tentu merupakan pencapaian yang harus diperhitungkan. Namun demikian, bukan berarti Anda sudah dapat bersenang hati. Masih banyak hal yang harus diperhatikan dalam membangun usaha sendiri, termasuk relasi dengan partner bisnis, baik partner di dalam perusahaan, maupun di luar perusahaan seperti supplier. Hubungan baik dengan partner bisnis tentu perlu untuk dijaga agar bisnis tetap dapat berjalan dengan baik. Untuk itu, berikut adalah 5 tips untuk menjaga relasi yang baik dengan partner bisnis. 

Pilihlah partner yang memiliki kredibilitas yang baik.

pexels.com

Sebelum memilih partner bisnis, lihatlah dahulu latar belakangnya. Apakah partner bisnis Anda memiliki kredibilitas yang baik? Jangan sampai, ia memiliki rekam jejak buruk yang bukan tak mungkin dapat terulang ketika ia bekerjasama dengan Anda. Selain itu, pastikan pula ia dapat bekerjasama dengan baik dengan Anda. 

Apakah Anda dan partner memiliki kesamaan visi dan misi. 

pexels.com

Jika Anda ingin bekerjasama untuk membuat produk yang keren, sementara partner Anda ingin membuat produk yang biasa saja namun dengan harga yang murah, tentu kerjasama Anda dengan partner bisnis Anda takkan berjalan dengan baik. Untuk itu, pastikan bahwa Anda dan partner memiliki kesamaan dalam visi dan misi. 

Baca Juga: 4 Tipe Pemimpin Berdasarkan Golongan Darah, Bagaimana Dengan Anda?

Ketahui secara pasti apa yang menjadi kebutuhan bisnis Anda. 

picjumbo.com

Perhatikan apa yang menjadi kebutuhan bisnis Anda. Entah barang yang berkualitas, ataupun tenaga jasa yang baik. Pastikan bahwa partner bisnis Anda dapat memenuhi hal itu. 

Perhatikan pula kebutuhan dari partner bisnis Anda. 

pixabay.com

Tentunya dalam bekerjasama, tak hanya kepentingan Anda yang harus Anda perhatikan, namun juga kepentingan dari partner Anda. Perhatikan pula apa yang menjadi kebutuhan partner Anda, dan pastikan Anda juga dapat memenuhi kebutuhannya agar kerjasama berjalan dengan baik. 

Buat perjanjian bisnis tertulis. 

pexels.com

Sebelum benar-benar membangun kerjasama, pastikan Anda membuat perjanjian bisnis tertulis. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, berkaitan dengan kerjasama yang Anda jalani. Tuliskan segala hal yang dianggap penting dalam perjanjian tersebut. 

Memilih partner bisnis bisa dibilang merupakan hal yang mudah sekaligus sulit untuk dilakukan. Untuk itu, 5 hal di atas pun dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih partner bisnis. Jadi, sudah siap memilih partner yang tepat?

Baca Juga: Hindari 5 Kesalahan Keuangan Ini, Agar Tak Menyesal Saat Usia 30 Tahun

10 / 01 / 2018
Oleh: Redaksi
tagline