Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Sumber gambar: Christina Morillo /pexels.com

Inspirasi Bisnis Sampingan yang Bisa Anda Coba

Ada banyak cara untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Salah satunya, dengan memiliki bisnis sampingan. Sebesar dan sekecil apapun usaha sampingan tersebut, tetap anda yang menjadi pemilik utamanya.

Semua kendali pekerjaan ada di tangan anda sendiri. Anda bisa mengatur usaha anda sesuai yang diinginkan. Namun, pasti terbesit di pikiran anda, kira-kira bisnis sampingan seperti apa yang dilakukan. Apalagi kalau mengingat modal yang tidak terlalu besar, pasti semakin membuat bingung.

Nah, ada banyak hal yang bisa anda lakukan walaupun tanpa modal besar. Apalagi di era digital yang serba canggih ini anda tak perlu membuka toko untuk memulai usaha. Kalau sifatnya bisnis sampingan, maka lebih baik anda sesuaikan dengan minat dan hobi yang anda geluti.

Misalnya, anda pandai membuat roti, maka anda bisa menjualnya. Apabila rasanya nikmat maka tak jarang orang akan menyebarkannya dari mulut ke mulut. Kemudian anda bisa melanjutkan bisnis sampingan anda dengan sistem preorder lewat online. Lebih mudah kan?

Selain bisnis membuat roti, masih banyak bisnis sampingan dengan modal minim yang bisa anda coba. Kira-kira apa ya? Cek di bawah ini.

Jasa Titip

Photo by Kai Pilger on Unsplash

Jasa Titip saat ini banyak digeluti oleh sebagian orang, karena keuntungannya pun cukup menjanjikan. Untuk memulai bisnis ini, anda tidak perlu mengumpulkan banyak modal, bahkan ada yang tidak membutuhkan modal apapun.

Misalnya, anda sedang bepergian jauh ke suatu tempat, misalnya ke luar kota, bahkan luar negeri. Maka, anda bisa membuka jasa titip ini kepada teman-teman anda yang berada di tempat tinggal anda. Bisa jasa titip oleh-oleh berupa kue atau barang khas dari tempat yang anda tuju.

Biasanya pelaku bisnis jasa titip ini akan memberikan biaya jastip minimal Rp 20 ribu. Bayangkan saja jika yang menitip lebih dari 20 orang, pasti mendapatkan banyak keuntungan.

Blogger

Photo by Rawpixel on Unsplash

Untuk anda yang jago menulis, ada baiknya untuk memanfaatkan kesempatan menjadi blogger. Namun hal pertama yang harus anda lakukan adalah membangun blog pribadi anda agar dapat menarik banyak pengunjung.

Caranya anda bisa menulis hal yang banyak diperbincangkan orang. Ketika blog anda terkenal, maka anda bisa mendapatkan uang hingga jutaan rupiah. Pasti anda bingung dari mana sumber penghasilan yang didapatkan?

Uang yang anda dapatkan bisa dari iklan yang dipasang di blog, baik dengan memasang banner atau memasukkan iklan tersebut menjadi sebuah artikel. Selain itu, anda akan mendapatkan kesempatan untuk diundang banyak event bergengsi dan memenangkan perlombaan blog yang banyak diadakan. Sekaligus akan menambah teman, sehingga kesempatan berkarir pun akan lebih terbuka.

Reseller Barang Branded

Photo by Rawpixel on Unsplash

Menjadi reseller apalagi tas branded merupakan bisnis yang cukup menjanjikan walaupun dengan modal yang sangat minim. Anda cukup mencari distributor yang terpercaya dan menjual tas-tas branded. Kemudian anda bisa menjualnya lewat media sosial. Ataupun anda bisa juga menjualnya kepada teman-teman kantor maupun kerabat.

Dengan menjadi reseller barang yang branded, anda akan mendapatkan untung yang lebih besar. Umumnya, distributor akan memberikan harga khusus untuk reseller dengan harga yang jauh lebih murah.

Karena, calon pembeli tidak akan keberatan membeli barang branded dengan harga yang mahal. Selama masih sesuai dengan harga yang beredar di pasaran maka tak akan menimbulkan masalah. Dan bukan hanya wanita saja yang bisa melakukan bisnis ini, lelaki pun bisa.

Nah itu tadi beberapa contoh bisnis sampingan yang bisa anda coba. Selamat berbisnis! (*)

 

04 / 12 / 2018
Oleh: Redaksi
tagline