Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Sumber gambar: Kumparan.com

Ini Dia Tips Membuka Cabang Baru Agar Bisnis Makin Berkembang

Ketika usaha anda sudah berkembang dan berhasil mendapatkan keuntungan yang lumayan besar, maka anda telah berhasil menjalankan usaha anda dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari cara mempertahankan pelanggan yang kuat serta beshasil menatur aliran uang kas.

Beberapa pebisnis yang sudah merasakan keuntungan dan hasil yang besar dari usaha yang dibangun, maka muncul kemungkinan untuk membuka cabang di beberapa tempat agar semakin melebarkan sayap bisnis.

Namun, ketika anda sudah memutuskan untuk membuka cabang baru, maka anda harus memastikan apabila persiapannya sudah matang. Karena nantinya anda akan dihadapkan oleh beragam tantangan, terutama masalah keuangan. Oleh karena itu, ada baiknya anda memperhatikan beberapa tips berikut agar mudah mengatur keuangan di cabang baru bisnis anda.

Siapkan Modal

BisnisUKM.com

Ketika membuka cabang baru memang menjadi suatu keuntungan agar semakin banyak orang yang mengenal produk anda serta semkain banyak keuntungan yang anda dapat. Namun anda harus sudah paham betul mengenai modal yang harus anda keluarkan untuk membangun cabang baru tersebut.

Mulai dari harga sewa atau harga pembangunan kemudian biaya listrik dan air yang mungkin berbeda dengan tempat anda sebelumnya. Oleh karena itu untuk mengetahui berapa persis modal yang harus anda keluarkan untuk membangun cabang baru, anda harus membuat daftar peneluaran yang sangat detail.

Pastikan anda sudah mencantumkan seluruh oerkiraan peneluaran termasuk biaya pajak hingga kerusakan bahan baku. Sehingga anda bisa mengetahui biaya operasional cabang baru.

Kelola Keuangan Seperti Sebelumnya

strategidanbisnis.com

Walaupun memang cabangnya baru, tidak berarti anda harus membedakan pengaturan keuangan dari lokasi sebelumnya. Hal ini dikarenakan anda sudah berhasil menjalankan bisnis di cabang sebelumnya, maka tidak ada salahnya anda juga melakukan hal yang sama dengan cabang baru saat ini. Ketika anda sudah menemukan sistem yang memang sudah berjalan baik sebelumnya, maka tidak usah untuk merubahnya lagi.

Buat Pembukuan Tiap Cabang

rawpixel.com

Ketika bisnis anda semakin besar, maka semakin banyak juga risiko terjadinya kesalahan. Kerugian bisa terjadi salah satunya karena kesalahan menulis pengeluaran didalam pembukuan keuangan bisnis, tentunya anda tidak mau kan?

Oleh karena itu, buat sistem akutansi di lokasi baru ketika anda mulai melakukan pembelian. Agar lebih rapi dan lebih tersistem, pastikan membuat dua pembukuan terpisah setiap cabang. Nah, dengan adanya hal ini anda akan semakin mudah untuk melihat cabang mana yang lebih memiliki performa baik dan cabang mana yang memiliki performa buruk.

Lakukan Pemasaran Ke Masyarakat Sekitar Cabang Baru

PortalInvestasi.com

Ketika anda mendirikan cabang baru yang jaraknya lebih jauh dari tempat anda sebelumnya, pastikan anda sudah melakukan promosi kepada masyarakat sekitar cabang baru anda. Dalam hal ini anda harus melakukan perhitungan pengeluarakan dan pastikan sudah ada dana untuk melakukan pos marketing ini.

Cara pemasarannya pun cukup beragam, misalnya dengan memmbuat brosur yang disebar di beberapa titik hingga memasang harga promosi di cabang baru anda. Sehingga akan mengundang banyak calon pelanggan baru untuk mengunjungi cabang baru ini.

Jangan Lupa Membuat Rencana Bisnis

rawpixel.com

Sama dengan beberapa lokasi sebelumnya, anda pastinya sudah memiliki rencana bisnis yang sudah dilakukan untuk mencapai keberhasilan dan keuntungan lebih. Oleh karena itu, anda juga harus membuat rencana bisnis yang serupa di cabang baru ini. Hal ini juga sangat berguna untuk konsistensi dalam pengembangan setiap produk yang anda hasilkan.

Nah, itu tadi beberapa tips membuka cabang untuk anda yang ingin mengembangkan bisnis anda menjadi lebih besar lagi. Semoga bermanfaat! (*)

 

16 / 01 / 2019
Oleh: Redaksi
tagline