Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Sumber gambar: Photo by Pixabay from Pexels

Ingin Usaha Sukses dan Langgeng? Coba Tips Ini

Bagi anda yang baru merintis usaha atau terjun ke dunia bisnis, tak jarang banyak yang melakukan jalan pintas. Hal tersebut dilakukan agar mendapatkan keuntungan yang banyak dalam waktu singkat. Sehingga mereka tak sayang untuk mengeluarkan sumber daya hanya untuk mendapatkan hal tersebut.

Padahal, keuntungan yang tiba secara mendadak dengan jumlah besar, kadang malah membuat pemicu pengusaha lepas kendali di awal bisnisnya. Padahal dunia bisnis adalah dunia yang penuh ketidakpastian. Mengapa demikan? Karena ketika hari ini ramai pengunjung, belum tentu ramai juga esok hari. Sehingga apabila tidak dikelola dengan baik, bisa saja usaha anda gulung tikar.

Oleh karena itu, agar tidak terperdaya akan keuntungan yang sesaat dan usaha anda bisa berkembang, anda bisa melakukan trik di bawah ini :

Miliki Sikap Profesional Dalam berbisnis

Photo by Lukas from Pexels

Maksud dari Profesional disini adalah, anda harus bisa memisahkan urusan pribadi dengan urusan usaha anda. Trik ini sudah sering kali disinggung mulai dari Forbes, Black Enterprise, hingga Fortune. Menurut pada pakar bisnis, sering kali hal ini diabaikan oleh seseorang yang baru saja merintis usaha.

Hal ini sering terjadi dikarenakan para pengusaha muda merasa uang untuk pribadi dan bisnis berasal dari sumber yang sama. Sehingga uang untuk keperluan bisnis tak terasa terpakai untuk kebutuhan pribadi. Sehingga untuk menghindarinya, anda harus memisahkan rekening untuk keperluan pribadi dan bisnis. Karena ketika terpisah, rekam jejak pamakaian uang untuk usaha anda akan lebih terlihat.

Batasi Pengeluaran

Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash

Pada trik kedua ini, bukan berarti anda harus pelit, namun sebagai seorang pengusaha sebisa mungkin untuk meminimalisir pengeluaran yang tidak perlu. Oleh karena itu, disarankan untuk menghitung dengan detail apa saja pengeluaran yang sifatnya tetap dan pengeluaran yang mendadak.

Namun, prioritas yang harus anda utamakan adalah pengeluaran tetap seperti pembayaran gaji karyawan, listrik, tempat usaha (apabila menyewa), dan kebutuhan pokok tetap. Kemudian jika kebutuhan tetap terpenuhi, giliran anda bisa menentukan variabel pendukung.

Atur Anggaran Kas dan Pengeluaran

Photo by rawpixel on Unsplash

Untuk mengatur pengeluaran dan pemasukan, sebaiknya anda membuat pembukuan atau aplikasi yang banyak tersedia di gadget. Catat semua pemasukan secara rinci berikut tanggal dan keterangan untuk kepentingan apa uang tersebut.

Sedangkan pengeluran pun begitu. Catat semua rincian pengeluaran dengan teliti, sehingga anda bisa memperkirakan keuangan perusahaan anda, apakah untung atau rugi di akhir bulan. Namun satu hal yang perlu diingat, usahakan untuk selalu memperbarui catatan agar arus kas tetap terpantau.

Perhatikan Pegawai

Photo by rawpixel on Unsplash

Pegawai merupakan unsur penting dalam kesuksesan usaha anda dalam menjalankan bisnis. Anda harus teliti menghitung gaji yang menjadi hak pegawai. Apalagi uang lembur, tunjangan kesehatan, dan lain sebagainya.

Apalagi ketika pegawai anda memiliki kinerja yang baik, jangan ragu untuk memberikan bonus sehingga menambah semangatnya. Jangan lupa untuk selalu mencatat kinerja masing-masing pegawai, sehingga membantu anda untuk mengambil keputusan pada masa mendatang.

Konsultasi dengan Ahli

Photo by rawpixel on Unsplash

Untuk memajukan usaha anda, jangan pernah malu untuk bertanya pada pebisnis yang bergelut cukup lama di bidang usaha yang sama dengan anda. Anda bisa konsultasi dengan bertanya tentang semua kendala yang anda hadapi. Atau bisa juga anda menggunakan tenaga ahli dalam mengevaluasi kelemahan dan kekuatan bisnis anda. Sehingga dengan pendapat yang diberikan, usaha anda bisa semakin berkembang.

Nah, itu tadi beberapa tips agar usaha anda sukses dan langgeng. Selamat berbisnis dan semoga sukses! (*)

 

27 / 11 / 2018
Oleh: Redaksi
tagline