Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Sumber gambar: Medium.com

Endorse Influencer Agar Bisnis Semakin Berkembang

Di jaman yang serba digital ini, sebagian besar orang tak mau ketinggalan untuk memanfaatkan peluang yang ada. Media sosial menjadi ajang promosi yang tepat, dan hal itulah yang dimanfaatkan sebagian orang untuk menjadi selebgram, ataupun vlogger yang memberikan konten menarik dan informatif, dan mereka inilah yang disebut influencer.

Mereka memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Karena kontennya yang menarik, mereka diikuti oleh ribuan hingga jutaan orang dalam media sosialnya. Lebih jelasnya, Influencer adalah seseorang yang memiliki followers atau audience yang lumayan banyak di sosial media mereka, dan berpengaruh cukup kuat terhadap followers. Mereka adalah artis, selebram, youtuber, dan lainnya.

Tak heran apabila mereka memiliki banyak menerima tawaran untuk mempromosikan suatu barang. Hal ini dikarenakan dengan menggandeng influencer ternyata cukup berhasil untuk menaikkan citra suatu produk. Dan juga dapat menambah follower di media sosial produk yang sedang dipromosikan.

Selain itu, seseorang akan lebih tertarik, terlebih penggemar atau pengikut sang influencer untuk membeli sebuah produk apabila produk tersebut dipakai langsung oleh sang influencer. Dengan menggunakan strategi ini, bisa mempengaruhi produk yang sedang anda jual untuk mendapatkan banyak pelanggan.

Anda tidak perlu bingung untuk mencari Influencer, karena saat ini banyak sekali orang yang berprofesi sebagai influencer baik dari Instagram, YouTube, dan lainnya. Anda bisa mengajak mereka agar usaha anda semakin berkembang.

Namun ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, sebelum mengajak Influencer bergabung dengan bisnis anda. Simak ulasannya di bawah ini.

Samakan Konsep dengan Calon Influencer

digitalmarketinginstitute.com

Seperti yang sudah dikatakan di atas, setiap influencer memiliki spesialisasi masing-masing. Ada yang fokusnya tentang kuliner, traveling, make up, dan lain sebagainya. Maka anda harus menentukan konsep produk dengan influencer yang akan anda pilih.

Tentu tidak akan cocok apabila anda meng-endorse seorang influencer yang fokusnya pada kuliner, tapi anda akan mengendrosenya produk kosmetik. Tapi kalau anda masih bingung baiknya konsultasikan dengan teman atau kerabat untuk menentukan influencer yang tepat bagi produk anda.

Lebih baik lagi apabila anda mengkonsultasikan kepada mantan klien yang pernah berurusan dengan influencer yang akan anda tuju untuk mengetahui seperti apa mekanismenya.

Analisis Profil Influencer

medium.com

Setiap influencer pasti memiliki banyak pengikut, semakin banyak pengikutnya semakin banyak juga tingkat pengaruhnya. Oleh karena itu apabila anda memilih influencer dengan banyak pengikut maka besar kemungkinan semakin banyak produk anda dikenal orang.

 

Namun apabila anda tidak memiliki banyak biaya, anda bisa memilih influencer dengan followers yang tidak terlalu banyak namun tetap mencukupi kebutuhan. Tapi anda juga harus jeli, banyak juga influencer yang memakai jasa follower ataupun auto like.

Sehingga produk yang di promosikan tidak banyak mendapatkan pengaruh. Anda bisa melihat di profil influencer melalui sosial medianya, apabila ia banyak menerima endorse tentang produk yang serupa dengan anda, maka anda bisa mencobanya.

Lihat Citra Influencer Tersebut

C2live.com

Saat ini walaupun followernya banyak belum tentu juga bisa menaikkan popularitas produk yang akan kita promosikan. Followers terbagi menjadi seseorang yang memang benar-benar mengidolakan, dan setengahnya lagi berisi seseorang yang kurang menyukai influencer tersebut atau biasa disebut Haters.

Nah, apabila anda memilih untuk mengendorse barang yang anda tawarkan kepada Influencer yang banyak haters-nya secara tidak langsung bisa merusak citra produk anda.

Itulah tadi beberapa tips tentang hal yang perlu diperhatikan saat mengendorse influencer untuk produk anda. Selamat mencoba! (*)

 

21 / 12 / 2018
Oleh: Redaksi
tagline