Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Bukan Mistis! 5 Bunga ini Bikin Jualan Laris

Saat bisnis Anda dikenal calon pelanggan, mereka tidak akan serta-merta menjatuhkan pilihan. Anda harus bisa membuat mereka tertarik dan mau menjadi pelanggan. Adanya kompetisi di hampir semua industri telah memberikan pelanggan begitu banyak pilihan. Akibatnya, pelanggan saat ini memiliki lebih banyak opsi. Penyedia barang dan jasa sekarang gampang sekali ditemukan di dunia nyata maupun maya. Bombardir penawaran produk dan jasa ini membuat calon pelanggan lebih mudah melupakan Anda. Memori mereka tentang produk atau jasa Anda dengan mudah bisa tergusur oleh pesan-pesan lainnya.

Untuk itu, toko Anda harus memiliki daya tarik yang unik. Harus ada diferensiasi yang membuat layanan Anda terlihat beda. Dengan diferensiasi tersebut, produk serta layanan Anda akan bisa tampil secara lebih mencolok di tengah pilihan-pilihan lain yang ditawarkan kompetitor.

Sebagus apa pun layanan Anda, calon pelanggan tidak akan tertarik jika “kemasannya” tidak menarik. Pada dunia layanan, “kemasan” itu sangat perlu diperhatikan.

Bagaimana caranya agar calon pelanggan bisa tertarik dengan layanan Anda?

Baca Juga : Penjualan Selalu Sepi? Bisa Jadi Anda Melupakan 2 Hal Sepele ini!

 

Konsep Bunga-Bunga Layanan 

pexels.com

Christopher Lovelock, pakar pemasaran jasa, menganalogikan layanan ibarat bunga. Bunga bisa terlihat indah karena pesona kelopak-kelopaknya yang merekah. Layanan pun demikian. Daya tariknya akan bertambah jika Anda bisa menghiasinya dengan layanan-layanan pendukung lainnya. Sebagai pengusaha, tentu Anda menjual produk utama bisnis Anda. Namun ibarat bunga, produk utama hanya bagian tengahnya, Anda masih bisa membuatnya lebih indah dengan menempatkan kelopak-kelopak bunga di sekelilingnya.

Di luar produk inti yang Anda tawarkan, sebenarnya ada berbagai layanan tambahan yang bisa Anda tawarkan. Layanan-layanan tambahan tersebut bisa berfungsi untuk mempermudah pelanggan dalam menggunakan produk (facilitating services) ataupun untuk meningkatkan manfaat yang bisa diperoleh pelanggan (enhancing services). Berikut ini “bunga-bunga” layanan yang bisa meningkatkan daya tarik toko Anda:

 

1. Metode pemesanan yang mudah dan cepat

pexels.com

Ingat bahwa saat ini adalah era digital. Bangun sistem pemesanan barang yang bisa dilakukan lewat Whattsap atau SMS. Lengkapi dengan kemudahan untuk mengecek ketersediaan produk di toko lewat website.

 

2. Cara pembayaran yang mudah dan aman

pexels.com

Mobilitas tinggi merupakan tuntutan era digital. Mudahkan pelanggan dengan sistem pembayaran secara online ataupun menggunakan mobile banking, sehingga memungkinkan dilakukan dari mana pun dan kapan pun. Permudah dengan sistem cicilan yang bisa dilakukan oleh pelanggan untuk nilai pembelian tertentu.

 

3. Jasa konsultasi tambahan

pixabay.com

Berikan konsultasi personal terkait pemilihan produk yang tepat. Bicarakan mengenai penyesuaian produk atau jasa sesuai dengan kebutuhan spesifik pelanggan

 

4. Keramahan dalam Pelayanan

pexels.com

Berikan salam yang khas kepada pelanggan. Menyajikan minuman atau pun majalah untuk menemani pelanggan selama menunggu bisa menjadi poin plus.

 

5. Pengamanan yang efektif 

pexels.com

Berikan jasa pengantaran barang yang terjamin keamanannya. Sediakan tempat parkir yang aman untuk kendaraan pelanggan.

Jadi, silahkan dalami produk serta layanan yang Anda berikan. Cobalah temukan aspek-aspek tambahan yang bisa memperindah layanan inti yang Anda tawarkan. Dengan itu semua, jadikan layanan Anda lebih menarik bagi calon pelanggan.

Baca Juga : Salesman Tidak Produktif? Tingkatkan Kualitas dengan 2 Kunci Disiplin ini

21 / 07 / 2017
Oleh: Redaksi
tagline