Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Sumber gambar: shopify.com

Bingung Menentukan Gaji Freelancer? Baca Ini

Apabila anda memiliki perusahaan besar, maka seringkali anda membutuhkan banyak karyawan untuk membantu proses produksi. Untuk meminimalisir pengeluaran biasaya beberapa perusahaan memakai jasa freelancer. Nah mereka memiliki peran penting dalam menyukseskan sebuah proyek.

Pernahkah anda melihat ketika ada perusahaan sedang menjalankan event besar biasanya mereka akan menyewa beberapa freelancer untuk turut menyukseskan acara anda. Namun seringkali beberapa pihak malah kebingungan menentukan berapa upah yang pantas diberikan pada para freelancer.

Nah inilah beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk menentukan gaji freelancer.

Berikan Upah yang Pantas, dan Pahami bahwa Para Freelancer juga Pekerja Profesional

USA Today

Ketika anda akan menentukan berapa upah yang pantas yang akan anda berikan pada freelancer, maka anda juga harus mengingat bahwa mereka juga pekerja professional. Mereka merupakan orang-orang yang siap bekerja dan membuat acara yang akan anda laksanakan menjadi sukses.

Anda harus menanamkan hal ini pada diri anda. ketika anda merekrut freelancer maka berarti anda memang benar-benar membutuhkan kehadiran mereka untuk membantu pekerjaan anda. Oleh karena itu, anda kemungkinan bisa memberikan gaji yang sesuai untuk pegawai Freelancer anda.

Tak Dapat Dipungkiri Gaji Freelancer Lebih Rendah Daripada Karyawan Anda

wordpress.com

Dalam hal gaji memang tak dapat dipungkiri, freelancer memiliki gaji yang lebih sedikit dibanding pegawai tetap anda. Hal ini dikarenakan pegawai tetap anda memiliki jam kerja yang berbeda dengan para freelancer yang memiliki jam kerja lebih pendek dan bisa dibilang lebih fleksibel.

Karena pada umumnya, freelancer tak datang tiap hari, mereka akan bekerja pada waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan di awal. Seperti pada umumnya, freelancer hanya di gaji sebesar 30% hingga 50% lebih rendah dari gaji pegawai tetap.

Namun berbeda lagi ceritanya apabila freelancer yang anda miliki malah mendapatkan profit yang lebih besar daripada pegawai tetap yang anda miliki, maka anda baru bisa memberikan mereka upah yang sesuai dan bisa lebih tinggi dari pegawai tetap.

Pengalaman juga Menjadi Salah Satu Pertimbangan

visor.com

Ketika seorang freelancer memiliki pengalaman yang lebih banyak sebelumnya maka anda bisa kembali mempertimbangkan berapa gaji yang sesuai yang bisa anda berikan pada karyawan tersebut. karena ketika ia memiliki banyak pengalaman sebelumnya, tentunya pengalaman yang sesuai dengan jobdesknya sebagai freelancer, maka akan semakin memudahkan anda.

Mereka akan dengan mudah menangani acara atau event yang sednag anda kelola dengan mudah karena pengalaman-pengalaman yang telah mereka lalui. Namun apabila freelancer tersebut tidak banyak memiliki pengalaman maka anda bisa memberikan gaji yang tidak terlalu tinggi.

Utamakan Pengalaman

knackforge.com

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, pengalaman adalah hal utama yang paling penting dalam menentukan gaji. Kebanyakan perusahaan mengutamakan pengalaman para freelancer daripada tingkat pendidikan yang dimilikinya.

Apalagi ketika bekerja di sebuah event yang merupakan pekerjaan besar dan selalu mementingkaln pengalaman di baning pendidikan agar event tersebut berjalan dengan lancar. Namun beda lagi apabila freelancer tersebut memiliki pendidikan yang memang sesuai dengan job desknya. Misalnya seorang desainer yang mengenyam pendidikan tinggi, dan anda ingin memperkerjakannya di bidang desain.

Namun berbeda walaupun dia memiliki latar belakang pendidikan lulusan S3 sekalipun kalau memang tidak ada pengalaman di bidang event, ya maka sebaiknya tidak memberikan harga tinggi padanya.

Nah itulah beberapa tips memberikan gaji yang sesuai pada freelancer. Semoga bermanfaat! (*)

 

 

18 / 02 / 2019
Oleh: Redaksi
tagline