Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Awali Kesuksesan Bisnis Dari Rumah dengan Cara ini

Memulai bisnis sendiri dengan modal sendiri adalah mimpi sebagian orang. Apalagi bagi yang sudah mulai bosan jadi karyawan. Dengan usaha sendiri, kita dapat memaksimalkan potensi yang kita miliki, tanpa terikat oleh waktu seperti karyawan yang harus berangkat pagi pulang sore hari hingga larut malam. Apalagi ketika kita harus lembur, bisa berangkat pagi pulang pagi.

Ada banyak model bisnis yang bisa kita kembangkan, salah satunya adalah memulai bisnis dari rumah. Cara ini dianggap sangat efisien karena anda tidak perlu mengeluarkan biaya atau overhead untuk menyewa ruangan kantor. Misalnya, memanfaatkan salah satu ruangan kosong atau garasi sebagai kantor. Sudah banyak orang yang membuktikan memulai usaha dari ruang garasi hingga kemudian sukses mengembangkan bisnisnya menjadi besar.

Tentu saja untuk berbisnis di rumah sendiri, ada banyak hal yang perlu anda perhatikan agar bisnis anda berjalan dengan baik. Seperti beberapa hal berikut ini :

1. Dukungan Keluarga

steemkr.com

steemkr.com

Pertama, mintalah dukungan keluarga untuk menjalankan rencana anda. Karena, tanpa dukungan keluarga, usaha untuk membuka kantor/bisnis pribadi akan banyak mengalami rintangan. Seperti misalnya, memulai bisnis atau wirausaha tentu akan menyita waktu dan biaya karena semua harus anda persiapkan dengan matang. Bisa jadi di awal memulai bisnis, waktu atau budget anda untuk keluarga agak berkurang. Kondisi ini tentu saja harus didiskusikan di awal dengan keluarga agar tidak menganggu keharmonisan rumah tangga.


2. Sesuai Passion

Agung Pandit Wiguna

Agung Pandit Wiguna

Pilih bidang yang menjadi passion atau kegemaran anda. Apabila anda memiliki bisnis yang sesuai dengan passion, maka anda akan bersemangat untuk menjalaninya dan rela berjuang untuk mengembangkannya. Dengan begitu, bisnis anda dapat berjalan dengan baik. Banyak pengusaha yang sukses dan menguasai bisnisnya dengan baik karena bisnis mereka dimulai dari passion.

3. Kalkulasi Modal

rawpixel.com (pexels.com)

rawpixel.com (pexels.com)

Hitung modal yang anda miliki untuk memulai bisnis. Nah, kalkulasi modal adalah hal yang sangat krusial, karena anda harus membagi antara modal dengan pengeluaran kebutuhan sehari-hari. Sebaiknya, anda memisahkan keduanya agar tidak menjadi masalah di kemudian hari. Apabila anda menilai modal anda sudah cukup untuk memulai usaha, maka anda dapat menjalaninya.

4. Administrasi Keuangan

rawpixel.com (pexels.com)

rawpixel.com (pexels.com)

Jika anda disiplin dalam administrasi, maka anda dapat mengorganisir data dengan baik. Terutama dalam mengorganisir pencatatan penjualan dan keuangan bisnis anda. Sebaiknya dipisah antara pencatatan keuangan bisnis dan pribadi. Dengan adanya administrasi penjualan dan keuangan yang baik, anda akan dapat melihat profit and loss dari bisnis anda. Hal ini akan membuat anda lebih mudah untuk mengambil keputusan yang harus diambil dalam mengembangkan bisnis anda.

5. Unique Selling Point

Yang tidak kalah pentingnya adalah tentukan keunikan produk atau jasa yang anda tawarkan. Karena konsumen akan terus mencari produk yang terbaik dari produk yang ada di pasaran. Produk atau jasa yang anda tawarkan akan menarik banyak konsumen jika mempunyai diferensiasi dari produk atau jasa yang ada di pasaran.

6. Promosi yang Tepat

Dengan promosi yang tepat, bisnis anda dapat berkembang dengan pesat. Terutama di era digital ini, promosi lebih mudah melalui media sosial dan website. Pilih bentuk promosi yang sesuai dengan bisnis anda. Dengan promosi yang tepat, calon konsumen akan tertarik untuk mencoba produk atau jasa yang anda tawarkan.

Tentu saja beberapa tips di atas adalah permulaan, karena di lapangan nanti anda akan banyak improvisasi sesuai dengan keadaan. Selamat mencoba, semoga sukses. (*)

26 / 10 / 2018
Oleh: Redaksi
tagline