Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

6 Cara Pelayanan Bisnis Ritel yang Baik, Konsumen Puas Laba Meningkat

Oleh: Redaksi

Bisnis penjualan ritel adalah bisnis jenis bisnis dimana produsen memasarkan barang secara eceran dan langsung pada pelanggan. Banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan bisnis ini, antara lain adalah keunggulan produk, harga yang bersaing dan lingkungan eksternal. Karena melibatkan transaksi antara produsen dan konsumen secara langsung, kemampuan pelayanan adalah faktor yang paling krusial dalam penjualan ritel.

Jadi, untuk membantu Anda memberikan pelayanan konsumen yang baik, artikel ini merangkumkan enam cara pelayanan bisnis ritel yang baik. Harapannya, Anda akan mampu melakukan penjualan yang maksimal, pelanggan puas, dan kembali untuk membeli produk Anda.

1. Berikan Penghargaan Personal Pada Pelanggan Setia Anda

pexels.com

Kunci dari kepuasan pelanggan bisnis ritel adalah keramahan dan rasa dihargai oleh Anda, sebagai penjual. Oleh karena itu, berilah sapaan hangat pada mereka saat kembali membeli produk Anda. Ingatlah nama mereka dan jenis produk yang mereka sukai. Jika perlu, berikan potongan harga untuk menghargai kesetiaan mereka.

2. Berikan Tips dan Trik Mengoptimalkan Produk Anda

pexels.com

Pembeli pasti ingin memaksimalkan produk yang dibelinya sebaik mungkin. Sebagai penjual produk eceran yang baik, Anda bisa memberikan sedikit pengetahuan dan tips untuk penggunaan produk tersebut. Selain produk tersebut akan lebih optimal kegunaannya, Anda juga akan mendapat nilai plus dan kepercayaan dari pelanggan. Kepercayaan inilah yang akan membuat konsumen puas dan kembali membeli produk di toko ritel Anda.

3. Produk Favorit Pelanggan Habis? Cari Penggantinya Agar Mereka Tidak Kecewa

pexels.com

Sebagai pedagang retail atau eceran, akan ada suatu saat dimana produk paling laris andalan Anda habis. Keadaan ini pasti membuat pelanggan kecewa. Agar mereka tidak kecewa, cobalah tawarkan pengganti dari produk tersebut. Jika tidak memungkinkan, mungkin Anda dapat menggunakan shopping online untuk membantu pelanggan kesayangan Anda. Tapi ada baiknya jika Anda selalu mengecek stok dagangan Anda agar tidak kehabisan stok.

4. Pekerjakan Kasir yang Berasal Dari Daerah Bisnis Anda

Keramahan dan pelayanan yang baik adalah kunci dari kesuksesan bisnis retail. Oleh karena itu, Anda harus mempekerjakan pelayan dan kasir yang berasal tempat bisnis ritel Anda dibuka. Harapannya, pelayanan akan lebih maksimal karena sang kasir dan pelayan lebih akrab dan tahu seluk-beluk warga sekitar. Tentu saja Anda membantu masyarakat lokal mendapatkan pekerjaan.

asia.nikkei.com

Baca juga : 3 Keterampilan Ini Wajib Dimiliki Karyawan Anda, Agar Konsumen Puas

5. Bantu Konsumen Memilih Produk yang Tepat

pexels.com

Jika Anda memasuki sebuah toko, maka Anda akan pusing memilih produk mana yang akan Anda pilih. Hal ini juga dirasakan oleh pelanggan bisnis ritel Anda. Oleh karena itu, pelayanan yang harus diberikan adalah membantu mereka memilih produk yang paling tepat. Lakukan pendekatan yang ramah dan tidak agresif. Karena jika Anda terlalu mencampuri urusan pembeli, mereka akan merasa tidak nyaman dengan pelayanan Anda.

6. Buatlah Katalog dan Review untuk Membantu Konsumen Memilih Produk

pixabay.com

Bisnis retail adalah bisnis yang sibuk. Banyak produk yang dijual dan banyak pelanggan yang bingung memilih. Oleh karena itu, buatlah katalog dan review tentang produk-produk yang Anda jual.  Adanya katalog tersebut juga membantu Anda merekapitulasi keberadaan produk-produk yang Anda jual. Katalog tersebut akan membantu Anda menerangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing produk dalam toko bisnis ritel Anda. Buatlah katalog yang menarik hingga pelanggan tidak bosan serta lebih mudah menyerap informasi yang Anda berikan.

Baca juga : Ternyata Membedakan Pelanggan itu Perlu! ini Alasannya

10 / 08 / 2018
Oleh: Redaksi
tagline