Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

5 Tips Menjaga Komunikasi Jarak Jauh dengan Karyawan

Memiliki cabang perusahaan di daerah yang jauh dari tempat Anda berdomisili bisa jadi menyulitkan Anda mengontrol kinerja karyawan. Padahal, hal tersebut sangat penting demi menjaga kualitas dan produktivitas pekerja Anda. Jangan khawatir. Pada artikel ini, Kami memaparkan 5 tips menjaga relasi jarak jauh dengan karyawan Anda, dengan demikian, Anda dapat mengontrol kinerja serta membangun hubungan yang baik dengan mereka.

5 Tips Menjaga Komunikasi Jarak Jauh dengan Karyawan

Sisihkan Waktu Luang Anda untuk Berbincang Online

Jarak dan waktu kini dapat diakali dengan perkembangan teknologi. Jika Anda ingin berbincang kecil dengan karyawan Anda, manfaatkan saja fitur videochat media sosial . Jangan bicarakan masalah pekerjaan dulu pada menit-menit awal percakapan. Awali dengan tema santai hingga mereka merasa relax.

Anda dapat berangsur mengevaluasi mereka seiring berjalannya waktu. Untuk memudahkan percakapan ini, Anda bisa menyiapkan rapor catatan evaluasi kerja. Tempelkan point penting kinerja karyawan Anda di desktop, dengan demikian Anda dapat memberikan masukan yang baik bagi mereka. Meski terhalang jarak jauh.

Baca juga : Ternyata Begini Liburan Produktif ala Pebisnis Sukses!

Beri Masukan dan Tips Sesuai Karakter Masing-masing

Gaya berkomunikasi dan kerja seseorang berbeda. Anda harus mengingat hal tersebut. Ada karyawan yang suka diberi perhatian dan masukan khusus, namun ada pula yang lebih suka mengevaluasi kinerja mereka sendiri dan lebih menghargai jika Anda membiarkan mereka bekerja tanpa ditekan. Komunikasi jarak jauh akan sangat sulit karena ekspresi atau intonasi Anda tidak tergambar jelas. Oleh karena itu, kenali karakter masing-masing karyawan sebelum Anda memberikan instruksi kerja jarak jauh.

menjaga komunikasi

sumber : 123RF.com

Sesuaikan Waktu Komunikasi Jarak Jauh Anda

Jika Anda menjadi manager atau pemilik perusahaan yang memiliki cabang di daerah, maka kesulitan pertama adalah menyesuaikan waktu. Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui waktu pada daerah tersebut. Gunakan fitur multiclock pada handphone atau komputer pribadi Anda. Pastikan Anda menelpon pada waktu yang tepat. Harapannya, Anda akan lebih efisien dalam berkomunikasi. Karyawan Anda juga tidak terganggu dengan jadwal telpon yang tidak menentu.

sumber :shutterstock.com

Pelajari Kultur dan Kebiasaan Tempat Karyawan Anda Bekerja

Karena Anda tidak dapat bertatap muka dengan karyawan Anda, maka impresi Anda haruslah meyakinkan. Tapi jangan lupa untuk bersikap simpatik. Oleh karena itu, pelajari background kebiasaan dari karyawan Anda. Terutama bagaimana kebiasaan masyarakat setempat berkomunikasi. Misalnya, jika Anda memiliki karyawan jarak jauh yang tinggal di Jawa Timur, Anda tidak boleh kaget jika nada bicara mereka tinggi. Anda dapat mengimbangi kebiasaan komunikasi tersebut sedari awal jika Anda sudah mempelajari kultur Jawa Timuran.

sumber : VideoBlocks.com

Baca juga : Mengapa Ada Karyawan Buruk yang Tidak Dipecat? Ini 3 Alasannya

Pastikan Mereka Ambil Bagian dalam Proses Perencanaan Kebijakan Baru

Melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan dapat bermanfaat bagi bisnis dan kepercayaan diri karyawan Anda. Ketika Anda melibatkan seorang karyawan, apalgi karyawan yang berada di cabang yang jauh menunjukkan bahwa Anda memercayai mereka. Bahkan jika Anda hanya membiarkan karyawan memberi masukan untuk membantu Anda membuat keputusan akhir, Anda tetap menunjukkan bahwa Anda menghargai pendapat mereka.

sumber :Depositphotos.com

Karyawan di daerah juga lebih dekat dengan pelanggan, sehingga mereka tahu apa yang dibutuhkan dan diminta pembeli. Karyawan juga dapat menghasilkan ide-ide yang menghasilkan pendapatan dan menghemat biaya. Jadi keuntungan yang didapat juga berganda. Baik untuk perusahaan Anda, Anda pribadi, dan karyawan Anda.

 

 

 

 

12 / 09 / 2018
Oleh: Redaksi
tagline