Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

5 Hal dari Kompetitor Ini Harus Dikenali, Agar Tidak Kalah Bersaing

Oleh: Wahyu Utama

Menjalankan sebuah bisnis pasti dihadapkan dengan persaingan usaha untuk berusaha menarik minat para pelanggan. Dalam prakteknya, agar usaha Anda bisa bertahan, tidak cukup hanya dengan mengenali perilaku konsumen. Nah, karena itu, jika mengetahui 5 hal ini dari kompetitor, Anda punya peluang besar untuk bertahan dan memenangkan persaingan usaha yang ketat.

1. Jenis Persaingan


theasianslant.com

Pesaing langsung adalah bisnis yang memiliki produk atau layanan yang sama. Pesaing tidak langsung adalah bisnis yang bisa menjadi alternatif atas produk atau layanan yang Anda tawarkan.

2. Posisi Pesaing yang Anda Miliki

dramabeans.com

Seperti apa kompetitor memposisikan produk dan layanan mereka ke pasar menjadi hal penting untuk dipahami. Memantau posisi kompetitor menjadi penting, sebab Anda juga jadi mengetahui tren yang sedang terjadi.

3. Harga Pesaing


inc.com

Mengetahui harga pesaing memungkinkan Anda bisa mempertahankan harga yang sesuai dengan target pasar yang ada. Tapi ingat, memberi harga yang kompetitif bukan berarti memulai dan terjebak dalam perang harga. 

4. Kekuatan Kompetitor


inc.com

Ketahui apa yang disukai para pelanggan dari kompetitor Anda dan apakah Anda bisa memberikan layanan yang lebih baik dari mereka. Pada poin ini Anda bisa memberikan pembeda yang signifikan. Anda bisa menekan dari segi kualitas, harga, atau cara promosi.

Baca Juga: 5 Produk Terlaris Sepanjang Masa, Bisakah Anda Meniru Kesuksesannya?

5. Apa Kelemahan Mereka


depositphotos.com

Mengetahui kelemahan pesaing akan membantu Anda mengindentifikasikan kekuatan produk dan layanan Anda. Pada poin ini, Anda juga bisa meminimalisir kelemahan yang sama muncul di produk Anda.

Mengenal kompetitor mendatangkan hasil yang hampir sama baiknya dengan mengenali konsumen Anda. Catatan yang harus Anda perhatikan adalah, mengenali kompetitor bukan berarti meniru mereka, apalagi sampai pada tahap plagiat. 

Baca Juga: Tampil Menarik, Ini 3 Cara Sisipkan Humor Saat Bicara di Depan Publik

03 / 07 / 2018
Oleh: Redaksi
tagline