Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Sumber gambar: StartupTipsDaily

5 Faktor Ini Harus Anda Hindari, Agar Perusahaan Rintisan Anda Tidak Gulung Tikar

Meraih kesuksesan tentunya keinginan setiap orang. Untuk meraihnya beberapa orang terjun dalam dunia bisnis. Sedangkan pemikiran menjadi pengusaha sudah menjadi tren di kalangan masyarakat, apalagi anak muda.

Maka dari itu, tak heran saat ini banyak anak muda yang sudah menuai sukses sejak dini karena usaha yang ia rintis. Salah satunya dengan memanfaatkan potensi industri digital. Apalagi, banyaknya pengguna internet di Indonesia membuat potensi industri digital di Indonesia semakin menjamur.

Kementrian Komunikasi dan Informatika RI melalui laman situs resminya mengungkap jumlah pengguna internet di Indonesia yang mencapai 93,4 juta dengan jumlah pengguna ponsel pintar yang mencapai 71 juta.

Namun tetap saja, untuk membangun perusahaan rintisan atau Startup tidak semudah yang kita bayangkan. Apalagi jika anda tidak teliti dan kurangnya persiapan, bisa saja bisnis anda akan hulung tikar. Maka dari itu untuk mencapai kesuksesan memulai bisnis diperlukan beberapa kehalian dan langkah yang harus dilakukan dengan benar. Tentunya dengan kerja keras dan menghindari beberapa kemungkinan yang bisa membuat bisnis anda hancur.

Maka dari itu, inilah beberapa faktor yang sering kali membuat perusahaan rintisan atau Startup hancur.

Tidak Ada Konsep Bisnis

SCORE.org

Hal ini bisa menjadikan boomerang pada bisnis anda. Pasalnya ketika anda tidak bisa menemukan konsep yang tepat bagi perusahaan rintisan digital anda, bisa-bisa anda akan mendapatkan kegagalan. Saat ini banyak para pemilik bisnis rintisan yang hanya terfokus pada layanan, tanpa menemukan bisnis model yang pasti dan sesuai dengan kebutuhan pasar Indonesia.

Selain itu, jika tidak ada konsep dan model yang matang tentunya dalam perjalanan bisnis anda akan menemukan kesulitan untuk mengembangkan bisnis rintisan anda.

Modal yang kurang

National Small Business Association

Semua bisnis pasti membutuhkan modal, entah itu dalam jumlah sedikit, ataupun dengan jumlah besar. Sama halnya dengan membangun perusahaan rintisan digital yang harus membutuhkan dana yang tidak sedikit. Apalagi saat ini investor cukup selektif dalam memberikan dana kepada perusahaan rintisan.

Maka dari itu, sebelum memtuskan untuk mendirikan perusahaan perintisan pastikan modal yang anda miliki cukup. Buat rincian sedetail mungkin tentang biaya apa saja yang nantinya akan anda gunakan. Jangan sampai di tengah perjalanan bisnis rintisan anda gulung tikar.

Kerap Menyepelekan

pexels.com

Membuat perusahaan rintisan digital memang mudah, namun kerap kali disepelekan oleh banyak orang yang hanya menjadikan usaha bisnis rintisan digiltal untuk memyalurkan hobi sehingga para pemiliknya kurang fokus dan cenderung membiarkan usaha digitalnya tersebut.

Sehingga ia tidak memperhatikan apa yang telah dilakukan oleh pesaingnya. Selain itu dia juga tidak akan bisa menganalisis kebutuhan pasar dan persaingan dari perusahaan rintisan lain.

Produk Menyulitkan Konsumen

Thrillist.com

Bagi pengusaha rintisan digital, pastinya memerlukan beberapa penunjang untuk mendukung perusahannya agar lebih berkembang. Salah satunya adalah aplikasi dan website yang bisa mendatangkan keuntungan. Namun ada kalanya konsumen pergi dan memilih pesaing bisnis anda yang serupa.

Hal ini dikarenakan website atau aplikasi yang anda ciptakan sangat menyulitkan konsumen. Misalnya websitenya terlalu sulit digunakan sehingga membingungkan konsumen. Maka dari itu, pilihlah desain antarmuka yang sederhana. Selain itu, load yang susah ketika memasuki website juga bisa menjadi alasan pelanggan meninggalakan website maupun aplikasi anda. 

Tim yang Tidak Kompeten

 

Selain modal yang memang sangat dibutuhkan dalam membangun perusahaan rintisan, tim yang solid juga sangat dibutuhkan. Kekompakan sebuah tim juga akan memudahkan anda berjalan bersama dengan ide-ide kreatif sehingga perusahaan rintisan anda semakin berkembang.

Nah itulah tadi 5 faktor yang perlu diperhatikan agar perusahaan rintisan anda tidak gulung tikar. Semoga sukses! (*)

 

18 / 12 / 2018
Oleh: Redaksi
tagline