Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

Sumber gambar: pixabay.com

5 Cara Berbisnis Jaman Now

Semakin berkembangnya kemajuan teknologi, semakin pesat juga perkembangan bisnis. Hal ini dikarenakan media sosial (medsos) menjadi alat yang paling ampuh untuk mendukung kesuksesan dalam berbisnis. Selain itu medsos menjadi media beriklan yang murah apabila dibandingkan dengan memasang iklan di media.

Namun, untuk mengoptimalkan penggunaan medsos dalam berbisnis, caranya berbeda dengan mengelola medsos pribadi. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memaksimalkan medsos dalam berbisnis. 

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengoptimalkan medsos dalam berbisnis.

Membuat Gimmick

Photo by Kaboompics .com from Pexels

Untuk menarik perhatian pembeli, buatlah gimmick semenarik mungkin. Namun, usahakan jangan norak sehingga tidak membuat calon pembeli menjadi geli. Buatlah konsep yang atraktif seperti penawaran tertentu. Namun sebelumnya anda harus menghitung dan membandingkan agar anda sendiri tidak mengalami kerugian.

Contohnya seperti memberikan diskon apabila membeli dua barang sekaligus. Anda harus mencipatakan konsep se-kreatif mungkin agar calon pembeli tertarik. Atau, anda bisa membuat konsep giveaway.

Konsep ini sudah banyak dilakukan oleh online shop pada umumnya. Sehingga mampu mengingkatkan keingintahuan orang terhadap produk yang anda jual. Apabila anda rutin melakukan giveaway, misalnya dalam sebulan sekali, maka secara tidak langsung akan menarik orang untuk mencari tahu produk yang anda jual.

Buat Tampilan Menarik

Photo by Lisa Fotios from Pexels

Dalam memposting produk yang akan anda jual itu tidak sembarangan. Usahakan untuk memposting gambar semenarik mungkin. Buatlah template agar semua postingan tertata rapi dan enak dilihat. Hal ini sudah banyak dilakukan oleh kebanyakan online shop.

Karena, secara tidak sadar, apabila kita memiliki feed yang bagus, orang-orang akan betah berlama-lama dalam Instagram kita dan melihat produk-produk yang kita jual. Bisa saja mereka tertarik pasa salah satu produk dan membelinya.

Jangan lupa untuk menjelaskan material pembuatan secara rinci dan harga yang jelas tentang setiap produk. Selain itu, pengambilan foto yang menarik juga menambah keyakinan calon pembeli untuk membeli produk anda.

Perhatikan Waktu

Photo by energepic.com from Pexels

Ketika akan memposting gambar, maka sebaiknya memilih jam-jam ketika orang tidak melakukan kesibukan apapun. Jangan sampai anda memposting produk pada jam-jam sibuk ketika banyak orang sedang bekerja, karena percuma saja anda memposting gambar namun tidak ada yang melihat karena nantinya akan semakin tertumpuk dengan postingan lainnya.

Waktu yang paling tepat untuk memposting adalah jam 12 siang, 5 sore, hingga jam 8 malam. Namun untuk weekend, anda bisa mempsoting kapan saja, karena sebagian orang sedang bersantai pada weekend.

Gunakan Hashtag Sebanyak-banyaknya

Melaniebullock.com

Pernah kah anda memperhatikan, ketika orang berjualan sering memasang hashtag dibawahnya. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan produk anda lebih luas lewat tagar yang anda buat. Beberapa manfaatnya adalah memudahkan pembeli mencari produk anda, menambah follower, meningkatkan inetaksi pada Instagram, mengenalkan produk atau postingan kita, dan menemukan follower yang tepat dijadikan sasaran target penjualan kita.

Endorse

Photo by freestocks.org from Pexels

Terakhir, jangan lupa lakukan teknik satu ini. Endorse menjadi salah satu cara beriklan yang cepat, mudah, dan tepat sasaran. Walaupun memang kita membutuhkan biaya yang sesuai dengan permintaan orang yang akan kita endorse.

Beberapa pilihan endorse yang bisa anda lakukan adalah kepada selebgram dan artis. Anda cukup menghubungi pihak manajemen mereka dan menyiapkan biaya sesuai permintaan mereka. Jadi jangan ragu untuk meng-endorse, karena sebagian besar online shop sudah merasakan efek positifnya.

Itu tadi beberapa tips untuk menggunakan media sosial dengan efisien dalam berbisnis. Semoga sukses! (*)

 

28 / 11 / 2018
Oleh: Redaksi
tagline