Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

5 Alasan memulai Bisnis StartUp Online

Istilah StartUp dalam dunia bisnis bukanlah sebuah istilah baru. Kata serapan StartUp merupakan istilah bahasa inggris yang memiliki makna sebuah upaya atau proses memulai hal baru secara umum dan memulai usaha/bisnis baru secara khusus.

Dalam dunia bisnis, StartUp biasanya identik dengan perusahaan yang baru berdiri dan biasanya beroperasi secara online melalui website. Sebagian besar perusahaan yang disebut StartUp masih berada pada step ”menata perusahaan”, mengembangkan diri dan melakukan riset untuk menemukan strategi dan pasar yang sesuai.

Seperti di Indonesia sendiri semakin hari semakin banyak StartUp yang bermunculan, terutama StartUp berbasis online. Beberapa perusahaan StartUp Online tanah air juga berhasil menjadi unicorn, mereka memiliki nilai revenue sangat tinggi yaitu kurang lebih 13,5 triliun rupiah. Unicorn asal Indonesia tersebut adalah Go-Jek, Tokopedia, Traveloka dan Bukalapak.

Dalam beberapa artikel yang diunggah pada dailysocial.net terdapat 1.706 perusahaan di Indonesia yang memulai usahanya. Hal tersebut mengindikasikan bahwa Indonesia menjadi lahan subur bagi para pelaku bisnis StartUp khususnya StartUp online.

Berikut beberapa fakta yang menunjukkan Indonesia adalah lahan subur bagi bisnis StartUp online.

Pengguna Internet Aktif

https://www.bbva.com

https://www.bbva.com

Jumlah penduduk Indonesia merupakan salah satu yang terbesar di dunia, yaitu lebih dari 240 juta jiwa. Hal yang menjadikan Indonesia sebagai lahan subur bagi bisnis StartUp adalah mayoritas penduduknya aktif menggunakan internet. Dari total polulasi yang ada di Indonesia kurang lebih sebanyak 132,7 juta jiwa merupakan pengguna internet aktif, mreka selalu memanfaatkan media sosial (baik melaui personal computer atau handphone) secara aktif dan antusias.

Konsumtif dan Mengikuti Tren

https://www.moneycrashers.com

 

Media sosial di Indonesia saat ini telah manjadi platform bagi para pemasar untuk menjual atau sekedar mempromosikan brand nya. Sebagai pengguna internet yang aktif, mayoritas masyarakat Indonesia secara mudah menerima semua pesan pemasaran yang disampaikan oleh pemasar dan secara serentak melakukan pembelian sesuai tren yang sedang banyak dibicarakan. Oleh karena itu Banyak perusahaan StartUp yang mulai memanfaatkan video untuk kegiatan promosi.

Komunitas StartUp

https://bobbyfinance.com

 

Perusahaan StartUp merupakan perusahaan yang masih belum stabil, karena itu sebagian besar foundernya membentuk sebuah komunitas untuk saling support bisnis mereka. Contohnya saja komunitas startup Bandung Digital Valley, Jogja Digital Valley, Ikitas di Semarang, Stasion di Malang dan banyak lagi komunitas StartUp lain yang tersebar di seluruh kota besar di Indonesia. Komunitas tersebut juga salah satu fakta yang menunjukkan bahwa Indonesia merupakan lahan subur bagi bisnis StartUp.

Pola Pikir yang Berkembang

Photo by Helena Lopes from Pexels

 

Para millennial Indonesia cenderung yang memiliki “mindset berkembang”. Mereka percaya bahwa tidak ada bakat yang stagnan. Mereka percaya dapat melakukan lebih banyak hal dengan bekerja keras, mengatur strategi yang lebih baik, dan terbuka untuk menerima saran dari orang lain.

Bergesernya dunia bisnis yang saat ini merambah kearah digital merupakan tantangan baru bagi para millennial Indonesia. Para millenial tidak takut dengan tantangan baru tersebut dan justru selalu berinovasi dan beradaptasi sesuai dengan kemajuan teknologi dengan menciptakan StartUp baru berbasis online.

Regulasi Bisnis Digital di Indonesia

https://geotimes.co.id

 

Pemerintah Indonesia yang mulai peduli dengan bergesernya dunia bisnis konvensional kearah digital. StartUp online di Indonesia tidak perlu merasa khawatir, karena saat ini pemerintah sedang membuat regulasi yang relevan dengan bisnis StartUp online. Sampai saat ini pemerintah terus berdiskusi dengan pelaku usaha, salah satunya adalah diskusi terkait pajak perdagangan online atau e-commerce.

 

Nah itulah beberapa fakta terkait StartUp online di Indonesia, ternyata Indonesia memiliki potensi yang besar sebagai pasar bagi pebisnis. Semoga mampu menginspirasi kita untuk berani membangun bisnis. (*)

31 / 10 / 2018
Oleh: Redaksi
tagline