Koleksi artikel SEMEN GRESIK Business Care Center

3 Keuntungan Menerapkan Sistem Self Service, Bisnis Jadi Lebih Praktis

Oleh: Wahyu Utama

Secara sederhana self service bisa diartikan sebagai layanan dari perusahaan yang memungkinkan para pelanggan bisa melayani diri mereka sendiri saat berbelanja. Konsep ini hampir sama dengan swalayan yang ada di Indonesia, namun dengan jangkauan dan sistem yang lebih komprehensif. Tertarik mencoba? 

Self Service dari raksasa elektronik LG

Self service baru-baru ini diterapkan oleh PT. LG Electronics Indonesia yang bekerja sama dengan PT Triton Internasional mengembangkan Laundry Lounge. Konsep yang ditawarkan adalah memberikan layanan self service laundry kepada para pengguna.

LG mengembangkan konsep ini karena melihat semakin bertumbuhnya hunian vertikal dan tingginya mobilitas masyarakat yang semakin modern. Jadi Laundry Lounge ini memberikan kemudahan kepada para pelanggan yang ingin mencuci pakaiannya sendiri.

Konsep ini terdengar asing di Indonesia, namun di luar negeri layanan seperti ini sudah lama berkembang dan digunakan masyarakat. Apa sebenarnya keuntungan konsep ini?

1. Pelayanan yang Lebih Sederhana dan Memudahkan Pelanggan


prothomalo.com

Banyak perusahaan yang menerapkan sistem seperti ini karena mereka menyadai bahwa saat ini masyarakat menyukai kemudahan dan kecanggihan teknologi yang tersedia. Sehingga hal ini bisa menjadi nilai tambah yang bisa diberikann perusahaan kepada para pelanggannya.

2. Masa Depan dan Kesempatan Memimpin Bisnis


dineroclub.net

Perusahaan yang berkembang dan menjadi pemimpin bisnis merupakan perusahaan yang mampu memberikan inovasi kepada para pelanggannya. Self service yang Anda miliki dan tawarkan kepada para pelanggan memberikan kesempatan yang lebih besar untuk memimpin sektor bisnis yang ada.

Baca Juga: 4 Pengusaha Sukses Indonesia Ini Ternyata Hanya Lulusan SD, Lho!

3. Biaya yang Lebih Rendah dan Bisa Ditekan


wonderwash.com.sg

Saat Anda menerapkan konsep self service, hal ini tidak hanya memudahkan para pelanggan untuk bertransaksi. Namun sangat memungkinkan perusahaan untuk menekan biaya yang muncul dan akhirnya meningkatkan peluang untuk memperoleh pendapatan yang lebih tinggi.

Konsep ini sangat sederhana dan menarik untuk diikuti, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba self service pada bisnis yang dijalankan untuk merasakan berbagai keuntungannya.

Baca Juga: Teknik Marketing Tidak Berjalan? Product Placement Bisa Menjadi Solusinya

19 / 04 / 2018
Oleh: Redaksi
tagline